Berita Terbaru Gaya Hidup dan Kesehatan

Ternyata ini Manfaat Air Kelapa Bagi Tubuh dan Jantung

Kesan segar yang diberikan air kelapa  membuatnya menjadi minuman yang cukup populer. Tak hanya menyegarkan, air kelapa juga mengandung banyak nutrisi  untuk kesehatan tubuh manusia.

Ragam manfaat dihadirkan air kelapa. Para peneliti sepakat, air kelapa memiliki kandungan natrium yang baik untuk tubuh. Air kelapa juga disebut memiliki kalori yang lebih rendah dan kalium lebih tinggi dibandingkan dengan minuman-minuman penambah energi lainnya. Anda juga tak perlu takut pada diabetes, lantaran kandungan gula dalam air cenderung lebih sedikit daripada yang ditemukan pada minuman bersoda.

Berikut melansir Healthline, beberapa manfaat meminum air kelapa.

1. Sumber nutrisi tubuh 
Air kelapa yang langsung diambil dari dalam buah mengandung 94 persen air dan hanya sedikit lemak. Berbeda dengan susu kelapa yang mengandung hanya 50 persen air dan lemak yang banyak. 

Untuk menghasilkan kelapa yang matang, diperlukan waktu 10-12 bulan. Sementara air kepala yang dihasilkan dari kelapa muda umumnya baru berumur 6-7 bulan. Kelapa hijau rata-rata menghasilkan 0,5-1 cup air kelapa. Pada 1 cup umumnya sama dengan 240 ml dan mengandung 46 kalori.

2. Kaya antioksidan 
Antioksidan berfungsi untuk menjaga tubuh dari paparan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif yang memengaruhi perusakan sel.

Kandungan antioksidan dalam air kelapa terbukti dapat menangkal radikal bebas. 

3. Mencegah batu ginjal
Batu ginjal terjadi ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lainnya bersatu membentuk kristal di dalam urine. Hal tersebut membuat kristal perlahan menjadi batu.

Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mampu mengurangi produksi radikal bebas yang berpengaruh terhadap tingginya kadar oksalat dalam urine. Kadar oksalat merupakan salah satu penyebab batu ginjal.

5. Meningkatkan kesehatan jantung
Meminum air kelapa dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Air kelapa dipercaya dapat mengurangi kolesterol dan tingkat trigliserida sebagai beberapa faktor risiko gangguan jantung. 

6. Manfaat setelah olahraga
Elektrolit dalam tubuh akan berkurang saat seseorang berolahraga. Begitu pula dengan rasa haus yang kemudian muncul. Air kelapa menjadi minuman yang cocok untuk mengatasi hal tersebut.

Elektrolit mempunyai peran penting dalam tubuh, termasuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat. Dua studi menemukan bahwa air kelapa mampu mengembalikan hidrasi lebih baik dibanding air biasa. Air kelapa disebut mengandung elektrolit tinggi selayaknya minuman isotonik lainnya.(sumber :cnnindonesia.com)

Related posts

Waspa Virus Zika

Celahkotanews

Cemburu Lihat Istri Main Belakang dengan Mantan Suami, Syawal Habisi Anak Tirinya

Celahkotanews

Sidak  Vaksin Palsu BPOM Malah Temukan Obat Kuat Ilegal Di Klinik Jalan Merdeka

Celahkotanews

Leave a Comment