Berita Terbaru Hukrim

Ternyata, 18 Tahun HUT Dumai Belum Miliki Dasar Hukum

2017-08-07_16-24-59
Bagian Hukum dan Ham menggelar Seminar Penentuan Hari Jadi Kota Dumai.

Celahkotanews.com || DUMAI- Sudah berusia 18 tahun  namun hingga sekarang  penetapan hari jadi kota yang katanya jatuh  tanggal 27 April ternyata belum  memiliki kepastian hukum atau peraturan daerah  yang mengatur.

Olehkarena itu Pemerintah Kota Dumai melalui sekretariat Bagian Hukum dan Ham menggelar Seminar Penentuan Hari Jadi Kota Dumai.

Kegiatan dihadiri Walikota Dumai diwakili Asisten 1 Hamdan Kamal sekaligus PLT Sekda, Perwakilan DPRD masing masing Komisi, Parpol, LAM, Direktur Perguruan Tinggi, dan Tokoh Masyarakat, Senin (07/08).

Asisten 1 Hamdan Kamal saat membuka seminar sangat  mengharapkan acara ini dijadikan ajang untuk saling menyampaikan pendapat serta diskusi sebagai bahan dalam menetapkan HUT Dumai sebenarnya.

Seyogyanya hingga saat ini HUT Dumai belum memiliki perda yang mengatur secara yuridil .Untuk menyikapi ini Pemerintah  menyiapkan draft lalu diajukan ke DPRD kota Dumai yang selanjutnya dibahas dan disahkan , ini untuk azas kepentingan hukum.

Pemerintah kata Hamdan  menyadari untuk menentukan kepastian tanggal HUT Dumai tentu harus menghadirkan semua pihak ,mudah mudahan seminar ini memberikan hasil dan kepastian.

Usai dibuka ragam pertanyaan serta tanggapan terjadi antar berbagai pihak  terkait HUT Dumai seperti disampaikan Hasbi berdasarkan hirarki serta ketetapan hukum dari berbagai sudut serta rekam jejak sejarah  HUT Dumai sebenarnya  jatuh pada 20 April 1999, kalau 27 April itu acara Ceremony nya saja.

Hal senada disampaikan Prapto Sucahyo hal itu dapat juga dicontohkan dengan penetapan Hari Jadi Negara Republik Indonesia yang didasarkan pada Hari Proklamasi Kemerdekaan Rebublik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, tidak pada saat diangkat Ir.Soekarno  sebagai Presiden I Republik Indonesia oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia setelah terpilih secara aklamasi tepatnya tanggal 18 Agustus 1945 meskipun hanya berjarak sehari dengan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI.

Sejarah mencatat bahwa Hari Jadi Negara Republik Indonesia adalah  tanggal 17 Agustus 1945 sesuai dengan Hari Proklamasi Kemerdekaan Rebublik Indonesia.

Fakta ini tidak hanya diakui oleh segenap bangsa Indonesia tetapi juga mendapat pengakuan dari dunia Internasional.

Dari sekilas pemaparan peristiwa di atas, sebenarnya sudah lebih dari cukup bagi kita untuk bisa menjawab silang pendapat dan “kebingungan” kita dalam hal menetapkan Hari Jadi Kota Dumai.

Penetapan Hari Jadi Kota Dumai seharusnya ditetapkan dengan Peraturan Daerah Kota Dumai sebagai penjabaran lebih lanjut dari UU No.16 Tahun 1999 tentang Pembentukan Daerah Tingkat II Dumai  yakni tanggal 20 April 1999 sebagai  dasar  hukum pembentukan Kota Dumai.

Padahal Kota madya Daerah Tingkat II Dumai yang selanjutnya kita sebut Kota Dumai dibentuk berdasarkan UU No. 16 Tahun 1999 tertanggal 20 April 1999.

Pada prinsipnya, tanggal pengesahan undang – undang tersebut sudah bisa dijadikan asumsi awal untuk dijadikan acuan atau dasar penetapan pelaksanaan memperingati Hari Jadi Kota Dumai.(pie)

Penulis : Depie

Editor : CKN

Related posts

Peduli : Wilmar Unit Dumai Pelintung Berikan Bantuan Korban Banjir

Celahkotanews

Usai Audiensi Dengan Pemko,PMII Orasi Di Pinggir Pipa PGN, Kelakap Tujuh

Celahkotanews

Esepsi ditolak,Sidang Penggelapan Terdakwa Syahrani dan Ridwan di Lanjutkan

Celahkotanews

Leave a Comment