Tak Berkategori

Tercatat 21 Kasus Human Traficking Terjadi diRiau

2017-08-24_15-00-18
Gambar hanya ilustrasi

“Dumai di Nilai  Rawan Perdagangan Orang”

CelahkotaNEWS.com ||DUMAI-Ternyata Kota Dumai dinilai  rawan terjadi penyelundupan dan pedagangan manusia sebab letaknya  strategis berdekatan dengan negara tetangga Malaysia serta berbatas dengan banyak  pulau pulau , hal ini disampaikan Kepala Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Riau Dewa Putu Gede dalam kegiatan Forum Diskusi Masyarakat tentang kerjasama keimigrasian dalam penaggulangan penyeludupan manusia dan Perdagangan orang yang digelar oleh Kantor Imigrasi Dumai, Kamis (24/08) kemaren diGedung Pendopo Jalan Putri Tujuh kecamatan Dumai Timur.

” Mengapa Dumai yang terpilih dalam kegiatan forum diskusi ini ,  sebab Dumai dinilai sangat  rawan terjadi penyelundupan dan pedagangan manusia karena  posisinya berada dekat dengan negara Tetangga  Malaysia bahkan beberapa pulau.Sehingga Dumai sangat rentan menjadi lokasi Human Traficking,”Sebutnya

Maka itu  perlu kerjasama semua pihak dalam mencegah terjadinya penyelundupan dan perdagangan manusia di Kota Dumai.

Jadi,dengan adanya diskusi publik diharapkan dapat memberikan pemahaman  masyarakat terhadap human Traficking ini,sehingga dimasing masing kawasan sama sama menjaga jika terjadi kejahatan penyeludupan manusia.

Sementara PLH Sekda Hamdan Kamal mengatakan sudah tercatat 21 kasus perdagangan orang yang terjadi di provinsi Riau berdasarkan data P2TP2A Provinsi Riau.

Sebagai daerah pelabuhan kejahatan satu ini tentu sangat riskan mengingat Dumai masih banyak terdapat pelabuhan tikus.Olehkarena itu tidak hanya peredaran narkoba yang perlu diawasi,namun kejahatan Perdagangan orang juga musti diwaspadai.

Pencegahan upaya penyelundupan dan perdagangan manusia,tidak cuma tugas imigrasi.Tapi tugas bersama semua pihak termasuk masyarakat.

Pantauan  kegiatan dihadiri ratusan undangan yang terdiri dari Pejabat Daerah PLH Sekda Dumai Hamdan Kamal,Dirjen Keimigrasian,Kepala Kantor Wilayah Kementrian  Hukum dan HAM Provinsi Riau,Unsur Forkompinda, Pelajar,Mahasiswa,RT,LPMK serta tokoh masyarakat dari berbagai kalangan.(pie)

Penulis : Depie

Editor : CKN

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment