Berita Terbaru Celoteh Pak Usu

Tahukah Kamu Senyum Membuat Kita Bahagia

celahkotaNEWS.com || Menurut bahasa, senyum adalah ekspresi wajah yang muncul tatkala kita mengembangkan bibir. Senyum adalah bentuk dari kebahagiaan. Tentunya setiap orang bisa tersenyum. Dan tahukah kamu, bahwa sebuah seulas senyum yang kau suguhkan kepada saudaramu termasuk ibadah.

Sayangnya, di dunia modern ini kebanyakan orang mulai pelit untuk menebarkan senyum. Sifat individualis tampak lebih dominan di masyarakat. Bahkan tak jarang seseorang menunjukkan wajah masam saat berbicara dengan lainnya.Tersenyum memiliki banyak sekali manfaat.

Bersedakah merupakan salah satu ibadah yang berpahala di sisi Allah Ta’ala. Namun bagaimana bila kita tidak mempunyai uang lebih untuk disedekahkan? Tenang,bersedekah tidak harus dengan materi. Salah satu bentuk sedekah yang paling ringan adalah tersenyum.

Mengamalkan Akhlak Mulia dan Mendatangkan Pahala

Mayoritas dari kita biasanya hanya akan tersenyum saat hatinya sedang bahagia. Saat masalah menumpuk dan pikiran penat, kita justru menampakkan muka masam di depan orang lain. Bahkan tak jarang, melampiaskan emosi kepada orang-orang disekitar (misalnya keluarga) yang tidak bersalah.

Meringankan Beban Pikiran

Sudah menjadi kodrat bahwa kehidupan di dunia akan penuh dengan ujian atau cobaan.Sikap muslim yang baik saat menghadapi cobaan adalah dengan bersabar dan ikhlas.Walaupun itu mungkin terasa sulit,namun berusahalah untuk tetap kuat.Jangan membebani pikiran terlalu berlebihan.Jangan membebani diri sendiri. Sesekali hiburlah diri dengan kegiatan yang menyenangkan, seperti tersenyum bersama teman-teman. Tujuannya agar tidak stres dan despresi.

Menambah Daya Tarik Diri

Percaya atau tidak, aktivitas tersenyum juga mampu membuat seseorang terlihat lebih menarik.Tersenyum dapat memancarkan keindahan dalam hati (inner beauty). Mereka yang gemar tersenyum pasti akan tampak lebih berseri wajahnya. Ramah dan berkharisma. Berbeda dengan orang-orang yang selalu terlihat masam atau cuek.

Selain itu, seulas senyum yang tulus juga dapat meredam kemarahan orang lain. Sebab senyuman itu indah dipandang, menyejukkan hati dan membuat jiwa menjadi tenang. Maka itu, jika ada orang marah jangan dibalas dengan marah-marah juga ya! Cukup dibalas dengan senyuman saja.

Tanda Rasa Syukur

Senyum juga menjadi salah satu tanda rasa syukur.Ketika seseorang ditimpa cobaan, namun tetap tersenyum menunjukkan bahwa ia adalah orang yang kuat. Tidak menggerutu atau mengeluh.

Percaya tidak, senyuman dari bibir kita dapat menular ke orang lain loh! Hal ini didasarkan oleh penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang bergaul dengan orang-orang ramah, maka sikapnya juga akan ramah. Aura posifit dalam dari seseorang yang gemar tersenyum akan terpancar ke lingkugannya. Sehingga akan tercipta suasana yang mendamaikan.

Tersenyum juga membuat seseorang menjadi lebih awet muda. Hal ini menunjukkan orang tersebut tidak suka memendam beban. Hatinya bahagia, sehingga auranya juga terpancar. Berbeda dengan orang-orang yang suka cemberut, wajahnya akan tampak lebih tua.

Seseorang yang gemar tersenyum berarti ia adalah orang-orang yang sabar. Dan kesabaran ini adalah sesuatu yang sangat penting.  Bahkan Allah Ta’ala mencintai golongan orang yang bersabar.

Senyum memang begitu indah dan merupakan sikap yang disenangi Rasul dan Allah Ta’ala. Sebab itu, kita pun juga harus membiasakan sikap ini. Namun jangan senyum-senyum sendiri juga, jangan berlebihan karena bisa dianggap tidak waras.(int)

Sumber : Dalamislam.com

Related posts

4 Manfaat Bila Tidur Lebih Awal di Malam Hari

Celahkotanews

Duet Pelicin..,Oknum PNS Distanbunhut Tipu Delapan Orang

Celahkotanews

42 Bacaleg Mendaftar ke Gerindra, 12  Akan di Eliminasi 

Celahkotanews

Leave a Comment