Berita Terbaru Sosial dan Budaya

Tahukah Anda..? 5 Negara dengan Waktu Puasa Terpendek dan Terpanjang di Dunia

2017-05-28_21-11-17
Ilustrasi/net

Celahkotanews.com || Ramadhan selalu identik dengan ibadah puasa dan perayaan saat Lebaran. Pada bulan ini umat Islam diwajibkan untuk puasa, tentu saja di setiap daerah memiliki waktu puasa yang berbeda-beda. Seperti yang sudah kamu ketahui ada negara-negara yang memiliki waktu puasa panjang sampai 20 jam. Tapi ada juga nih negara di dunia yang memiliki waktu puasa pendek, berikut 5 negara dengan waktu puasa terpendek dan terpanjang di dunia.

Antartika

Pernah kebayang harus puasa di Antartika? Benua yang terletak di paling selatan ini memiliki waktu puasa tercepat di dunia. Umat muslim yang berpuasa di Antartika berpuasa selama kurang lebih 8 jam 18 menit. Waktu imsaknya pun lebih enak karena baru imsak pukul 06.30 pagi dan berbuka puasa pukul 15.48, walaupun sebentar puasa di Antartika pasti susah banget karena harus melawan dingin.

Chili

Chili yang terletak di Amerika Serikat ini tercatat sebagai negara dengan waktu puasa terpendek di dunia. Umat muslim di Chili melakukan puasa sejak pukul 05.31 dan berbuka puasa pukul 15.00, kalau dihitung-hitung mereka hanya berpuasa selama kurang lebih 9 jam. Walaupun sebentar umat muslim di sana harus berpuasa di udara kering dan cuaca dingin.

Argentina

Populasi muslim di Argentina ini memang termasuk sedikit hanya sekitar 1,9% saja. Walaupun begitu suasana Ramadan tetap bisa kamu rasakan di negara ini. Penduduk Argentina yang beragama Islam di sini juga berpuasa dalam waktu yang relatif singkat hanya 9 jam 37 menit.

Australia Barat

Benua Australia yang tidak begitu jauh dari Indonesia juga punya waktu puasa yang lebih cepat. Terutama di wilayah Australia Barat salah satunya Perth. Di sini durasi puasa hanya sekitar 11 jam 59 menit saja. Waktu imsaknya pun lebih siang dibandingkan Indoneisa yaitu pukul 05.42 sedangkan waktu berbukanya mirip dengan Indonesia yaitu 17.41 sore.

Brazil

Brazil juga menjalani puasa dalam waktu yang cepat, durasi puasa di Brazil hanya sekitar 11 jam saja. Sama seperti muslim di negara lain Brazil juga punya tradisi tersendiri selama bulan Ramadhan.

Berikut negara-negara yang menghabiskan waktu lebih dari 15 jam untuk berpuasa dalam sehari.

Finlandia

Finlandia merupakan salah satu negara dengan puasa terlama di dunia. Di Finlandia, puasa dimulai dari pukul 1 pagi dengan waktu berbuka puasa pukul 12 pagi lagi. Kalau dihitung-hintung, puasa di Finlandia bisa sekitar 23 jam 5 menit. Pasalnya, sepanjang tahun 2016 kemarin, matahari tenggelam di Finlandia hanya selama 55 menit! Kebayang nggak gimana sulitnya ngalamin puasa terlama di dunia ini?

Islandia

Islandia memang terkenal dengan Auroranya yang indah dan juga negara dinginnya. Tapi, di luar itu, tau nggak sih ternyata Islandia itu adalah negara dengan waktu puasa terlama? Jadi, kalau kamu lagi liburan ke Islandia, usahaian nggak pas bulan puasa ya, bisa-bisa kamu ngalamin puasa paling lamamu deh! Kalau di Finlandia puasa bisa sampai 23 jam, di Islandia 22 jam!

Swedia

Warga muslim di Swedia juga memiliki tantangan yang sama dalam menjalani waktu puasa selama satu hari penuh. Swedia merupakan salah satu negara dengan waktu puasa terlama, yaitu hampir 20 jam. Terlebih lagi, umat Muslim di Swedia hanya berjumlah 5% dari total populasi. Hebat ya mereka yang tahan berpuasa penuh selama satu hari!

Alaska

Alaska memang memiliki waktu puasa paling lama juga, namun sebaliknya, ia juga merupakan salah satu negara dengan waktu puasa tercepat. Pada saat musim panas, warga Muslim harus menjalani puasa dalam waktu 20 jam sehari, sedangkan kabarnya, pada musim dingin, puasa di sana hanya perlu dijalankan 5 jam sehari!

Inggris

Inggris juga merupakan negara dengan puasa paling lama. Meskipun jauh lebih cepat dibandingkan Islandia dan Finlandia, namun waktu puasa di Inggris dalam satu hari pun hampir 19 jam lho… (net)

Related posts

Warga Basilam Baru Dambakan Jembatan Dan Jalan Permanen

Celahkotanews

PT Dumai Bulking Diduga Abaikan SOP

Celahkotanews

Semangat HUT RI Ke-71, DPC Partai Gerindra Dumai  Adakan  Jalan Sehat 

Celahkotanews

Leave a Comment