Berita Terbaru Gaya Hidup dan Kesehatan

Stok Darah PMI Dumai Mulai Menipis

2017-06-14_20-25-35
Ilustrasi 

Celahkotanews.com || DUMAI-Permintaan darah UDD Palang Merah Indonesia (PMI) Dumai dinilai cukup banyak selama Ramadan. Sayangnya, karena pendonor kurang , stok pun kian hari kian menipis.

Meski stok darah menipis, untuk sementara, diakui Koordinator  UDD PMI, H Amran Husin masih dalam keadaan aman. Tapi jika permintaan semakin meningkat, pihaknya khawatir kesulitan mencari donor mengingat kebutuhan RSUD perhari wajib dipenuhi.

Disebutkannya, berdasarkan pendataan stok darah di PMI, Rabu(14/06) kemaren golongan A sebanyak 27 kantong, golongan B 35 kantong, golongan O 4 kantong dan golongan AB sebanyak 8 kantong.

Diakuinya selama bulan puasa warga yang mendonorkan darah cukup menurun dibandingkan pada bulan biasa. “Wajar mungkin karena sedang berpuasa, tetapi bisa saja datang malam hari beberapa jam setelah berbuka puasa atau saat kondisi sudah fit atau normal kembali,” jelasnya.

Untuk kebutuhan darah segar umumnya dilakukan dengan cara mencari pendonor sesuai dengan golongan darah calon penerima. Biasa dilakukan oleh kerabat atau teman calon penerima. Sementara sisanya biasa membutuhkan dukungan dari masyarakat luas.

Namun Alhamdulillah beberapa waktu lalu ada paguyuban yang melakukan donor darah, kegiatan itu tentu membantu ketersediaan stok darah di PMI dumai. (Pie)

Penulis : Pie

Editor : CKN

Related posts

Satu Orang Terseret Arus,Banjir Terjang Aceh Barat

Celahkotanews

Walikota Dumai Buka Dumai Expo 2015

Celahkotanews

Hati Hati Tinggalkan Rumah Saat Tarawih

Celahkotanews

Leave a Comment