oleh

Status Kesehatan Membaik, Angka Harapan Hidup Warga Siak Capai 72 Tahun

Bupati Syamsuar
Bupati Syamsuar

CELAHKOTANEWS.COM, SIAK SRI INDRAPURA – Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengatakan, sejak tiga tahun terakhir, pemerintah daerah telah maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Hal itu dilihat berdasarkan tingginya angka harapan hidup masyarakat Siak yang mencapai 72,07 tahun.

“Dengan membaiknya status kesehatan, angka harapan hidup masyarakat Siak saat ini telah mencapai 72,07 tahun,” kata Syamsuar, akhir pekan lalu.

Membaiknya capaian angka harapan hidup di Siak ini, lanjut Bupati, lebih tinggi dari capaian angka harapan hidup Provinsi Riau sebesar 71,73 tahun dan angka harapan hidup nasional sebesar 70,07 tahun.

Begitu juga dengan angka kematian bayi di Kabupaten Siak juga menempati posisi yang tertinggi. Sejak tahun 2013, dari 1.000 kelahiran, rata-rata tercatat 5 kematian bayi. “Angka itu jauh di bawah nasional bahkan sudah melampaui target RPJMD dan RPJMN tahun 2019 yang berjumlah 24 kematian,” terangnya.

Namun demikian, kata Syamsuar, pemerintah daerah terus bekerja lebih keras lagi untuk percepatan terhadap penurunan angka kematian terhadap ibu yang melahirkan. Meskipun terus berkurang dari tahun ketahun, namun angka kematian ibu dari 1.000 melahirkan masih di angka 84 kematian.

“Untuk itu saya minta agar program angka keselamatan ibu melahirkan dan kelahiran anak agar betul-betul fokus terhadap angka kematian itu. Saya meminta agar pelayanan kesehatan mulai dari puskesdes, pustu, puskesmas serta rumah sakit agar lebih baik dan melengkapi sarana yang dibutuhkan masyarakat,” pungkasnya.(grc/wdy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 komentar