Berita Terbaru Lingkungan

Sampah Penuhi Drainase,Peranan Pemerintah Kota Dumai Dalam Mengatasi Banjir Jangan Sebatas Rencana

CelahkotaNEWS.com ||Dumai –  Meski terus-menerus dikumandangkan oleh banyak pihak, tapi tampaknya belum semua lapisan memahami benar bahaya dan dampak buruk kebiasaan membuang sampah sembarangan.Terutama jika sampah itu berbahan dasar plastik dan lantas dibuang begitu saja ke sungai,drainase atau wilayah perairan lainnya.

Intropeksi diri kita terlebih dahulu sudahkah kita membiasakan membuang sampah pada tempatnya..?
Nah jika belum kebiasaan-kebiasaan kecil kita yang ternyata berdampak besar bagi keutuhan lingkungan di bumi tempat kita hidup ini.

Terlihat Sampah yang berada diDrainase Jl.Sultan Syarif Qasim – Dumai

Nah bagaimana dengan Permasalahan sampah diKota puteri tujuh ini hal ini tentunya Pemerintah memiliki peranan penting dan halnininjuga harus turut serta dan andil masyarakat.

Seperti yang kita lihat bersama sedimentasi di parit sepanjang Jalan Sultan Syarif Kasim Dumai menjadi salah satu penyebab banjir.

Pemerintah Kota Dumai setakat ini setidaknya telah mengerahkan alat berat untuk mengangkat sedimentasi dan sampah dari dalam parit di sepanjang Jalan Sultan Syarif Kasim Dumai, Selasa (6/11/2018).

Goro dipimpin langsung Petingi -petinggi Kota Dumai, Seperti Walikota Dumai Zulkifli As dan hadir juga Kepala Dinas PU, Camat Dumai Kota, Lurah Dumai Kota, Pegawai Kebersihan dari dinas terkait dan operator alat berat.

Zulkifli AS,Walikota Dumai saat melihat Drainase Jalan SSQ Dumai

Di sela-sela GoRo bersama walikota meninjau sedimentasi dan sampah yang menyumbat drainase di sepanjang Jalan SS Kasim Dumai.

“Air yang seharusnya bisa langsung mengalir menuju laut, terhambat karena tumpukan sampah dan sedimentasi. Akibatnya air meluap dan menggenangi jalan di Jalan Sultan Syarif Kasim dan rumah warga di sekitarnya apabila hujan deras,” ujar Zulkifli AS

Walikota juga mengatakan bahwa pengangkatan sedimentasi dengan eskavator untuk mendalamkan parit, membersihkan sampah agar fungsi drainase dapat berfungsi dengan baik mengantarkan air hingga ke pembuangan akhir.

Pada kesempatn itu,Walikota juga mengimbau seluruh lapisan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Saya imbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan. Saya juga mengimbau masyarakat agar rutin melaksanakan goro. Goro bisa di mulai dari rumah sendiri,” pungkasnya.

Seyogyanya Dumaintidak hanya saja di jakan sultan Syarifkasim yang di genangi air bilanhujan dan pasang air laut,hampir di setiap sudut kota sudah hapir merata di genangi air,hal ini tentunya perlu penanganan serius oleh pemerintah Kota Dumai dan tidak hanya berencena semata,selain itu pula perenan masyarakat juga di perlukan untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan.(ckn)

Editor : Joeyibas
Foto : dok.

 

 

Related posts

DPRD Dumai  Bahas RAPBD-Perubahan 2016

Celahkotanews

Polisi Amankan Ganja 2,5 Kg dari Rumah Wanita Cantik yang diduga Bandar Narkoba

Celahkotanews

Wakil Walikota Dumai Meredang Dengan Para Pungli

Celahkotanews

Leave a Comment