Berita Terbaru pemerintahan

Realisasi Retribusi UPT.PKB Dishub Dumai Jauh Dari Target 

2016-11-03_23-29-49

Celahkotanews.com || Dumai- Realisasi  dari retribusi UPT.Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota dumai,Hingga Akhir Oktober 2016 baru mencapai Rp 440 Juta,jumlah ini tentunya masih  jauh dari target  retribusi yang harus di capai  yaitu sebesar Rp 1.050, Milya,sedangkan waktu  hanya menyisakan du abulan lagi.

Kondisi demikain  juga terjadi pada tahun 2015 yang lalu dimana dimana realisasi hanya mencapai Rp 445 juta  jumlah Tersebut  kurang Rp 226 Jura dari target  sebagai mana mestinya  yakni Rp 671 juta.

“Ada sejumlah kendala yang kita hadapi ,shingga target belum tercapai” ujar Plt Kepala UPT Pengujian kendaraan BErmotor Dishub Dumai,”Effendi

Di jelaskan nya satu kendala yang di hadapi pihak UPT adalah masih belum ada nya kesadran masyarakat dalam memeriksakan kendaraannya. Begitu juga untuk melakukan uji emisi gas buang kendaraan bermotor. Padahal potensi retribusi uji emisi bisa di maksimalkan hingga Rp 4 miliar.

Tapi kini retribusi terbanyak bersumber dari pengujian mobil bus dan mobil barang. Terbukti realisasinya mencapai Rp. 435 juta,jumlah ini melampaui target semestinya yang Cuma Rp 335 juta.

Di tambahgkan Efendi , setiap harinya rata rata ada 25 kendaraan yang melakukan  UJI KIR ,bahkan saat ramai,jumlah kendaraan yang menjalani Uji KIR bisa mencapai 60 kendaraan.

Saat menjalani pemeriksaan , petugas melakukan pemeriksaan mnyeluruh, mulai dari sistem penerangan ,lalu sistem rem,sistem roda,sistem transmisi,mesin hingga sistem kemudi.

Kebanyakan kendaraan yang melakukan Uji KIR adalah truk dan mobil pick up pengangkut sawit dan material. Kebanyakan para pengandara mengaku sering mengangkut muatan melebihi tonase,akibatnya sistem kendaraan tidak maksimal.

Surat KIR di perbarui setiap enam bulan , Hal ini di lakukan agar bisa di alkukan pemeriksaan rutin, serta mencegah kerusakan parah pada kendaraan . Makanya pihak UpT menghimbau agar mengangkut muatan sesuai tonase yang di tentukan.

“Bila tidak layak jalan,maka kita anjurkan untuk segera di perbaiki.Bahkan surat KIR kita tunda,ini di lakukan demi keselamatan pengendara” tegasnya.

Sesuai perda Kota Dumai No 6 Tahun 2014, Tarif Retribusi Pengujian dan Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor cukup beragam. Untuk bus dan mobil barang tarifnya Rp. 52.000, mobil penumpang tarifnya Rp 50.000,- kereta gandengan tempelan tarifnya Rp 52.500, dan kendaraan bermotor roda tiga angkutan barang tariff nya 44.500.(ckn)

Related posts

6 Bulan Belakangan 40 Laka Terjadi di Dumai 20 Meninggal

Ckn

Balon Walikota Dumai, Hendri Sandra Silahtuhrahmi Di Kampung Wisata

Ckn

Tunaikan Haji, Tempuh Ribuan Kilometer Dari China

Celahkotanews

Leave a Comment