Berita Terbaru Hukrim

Ratusan Bahan Kue Tanpa Bermerek di Tarik BPOM Riau

logolicious_20170530_215543

Celahkotanews.com || DUMAI – Ratusan bahan makanan atau Pembuat  Kue yang tidak bermerk dari beberapa Supermarket dikota Dumai akhirnya ditarik oleh Badan Pengawasan  Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Riau dari Peredaran.

Dikatakan BPOM Provinsi Riau Adrizal tindakan ini penting dilakukan untuk menjaga keamanan konsumen dari peredaran bahan makanan yang  berbahaya.

” Kalau tidak ada merk seperti ini siapa yang tahu asal bahan kue ini dari mana, apakah masa kadaluarsa  sudah habis atau masih lama,layak dikonsumsi atau tidak , ” ujarnya saat  melakukan sidak  disupermarket  Besta Jalan Ombak ,Selasa ( 30/05), bersama Kepala  Dinas Perdagangan Dumai Zulkarnaen

Kata dia,penjual tidak  boleh menghilangkan identitas merk makanan atau minuman yang mereka bungkus itu.Harusnya,wadah bahan tersebut distand by agar masyarakat tahu   apa merk bahan kue yang dibungkus .  Selain bahan kue beberapa minuman kaleng yang tidak berlabel juga ditemukan oleh petugas BPOM.

Adanya temuan  itu BPOM mengambil sikap untuk  menyita bahan kue itu, namun supervisor Besta sempat  menolak bahkan dia mengklaim bahwa bahan kue yang mereka bungkus tersebut  bermerk dan ada wadahnya.

Untuk membuktikannya mereka langsung membawa tong tong bahan kue tersebut kehadapan BPOM. Namun BPOM tidak percaya begitu saja lalu instruksikan agar bahan kue tersebut dimusnahkan , petugas Besta kembali  tidak terima dengan berbagai alasan.

Hingga akhirnya BPOM pun meminta agar bahan kue yang dibungkus  agar ditarik dari peredaran dan dimasukkan kembali kewadahnya.Apabila supermarket hendak menjual,wadah bahan kue itu wajib diperlihatkan kekonsumen  agar masyarakat mengetahui apa merk serta  kadaluarsa,jangan dibungkus bungkus seperti ini.

Apabila dilain waktu Supermarket tidak patuh  dengan anjuran kita atau melanggar, BPOM akan mengambil sikap tegas sesuai peraturan dan UU yang berlaku.

Tidak dipungkiri  Adrizal banyak oknum yang memanfaatkan momentum hari besar untuk menjual barang yang tak layak konsumsi dengan tujuan mendapatkan keuntungan tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan. diharapkan kedepan agar kondisi seperti ini tidak terjadi ,dan BPOM akan terus mengawasi.(pie)

Penulis : Pie

Editor : Ckn

Related posts

Peringatan Harganas ke XXIV Di Kota Dumai

Celahkotanews

Tiket Dijual,Jadwal Berangkat Tidak Ada,Puluhan Penumpang Batam Jet 2 Komplain

Celahkotanews

Sambut Bulan Suci Ramadhan, Pemko Dumai Keluarkan Seruan Bersama

Celahkotanews

Leave a Comment