Berita Terbaru News

Ramadan, Stok Darah di PMI di Nilai Tak Aman

CelahkotaNEWS.com ||Dumai–Unit Transfusi Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Dumai saat ini menyebut stok darah saat bulan Ramadhan 1439 Hijriah kian menipis sehingga dianggap tidak mencukupi untuk memenuhi permintaan pasien atau masyarakat yang membutuhkan.

“Sejauh ini stok yang tersedia dinilai tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
dengan alasan setiapharinya pmi wajib memenuhi kebutuhan RSUD dan beberapa Klinik.” Ujar Koordinator PMI Dumai Amran Husin ,kamis (25/05)

Berdasarkan catatan kita ketersediaan golongan Darah saat ini golongan A 12 Kantong, Golongan Darah B 14 Kantong, golongan Darah AB 18 dan Golongan O 40 kantong.

Jumlah tersebut dinilai tidak mencukupi kebutuhan stok selama ramadhan ini, menimbang selama ramadan biasanya tingkat masyarakat yang ingin donor darah itu sedikit sekali dengan berbagai alasan.

” kendala yang dihadapi saat Ramadhan, umumnya saat puasa banyak donor yang tidak mendonorkan darahnya. Banyak yang beranggapan kalau mendonorkan darah saat puasa membuat tubuh lemas. Padahal tidak benar,” ucapnya.

Maka itu guna mengantisipasi kurangnya pendonor selama Ramadhan, PMI melakukan jemput bola agar masyarakat secara sukarela mendonorkan darahnya. Strategi yang dilakukan diantaranya selalu menghubungi pendonor sukralewan yang terdata di Pmi.

Disamping itu biasanya selama ramadan salah satu ada organisasi dari PSMTI ( Persatuan Masyarakat Tionghoa) selalu rutin melakukan aksi donor darah. Dan alhamdulillah dalam waktu dekat ini rencanya mereka akan melakukan aksi donor darah massaal.

Dengan upaya ini tentu menambah ketersediaan stok darah di PMI.Amran berharap masyarakat selama bulan suci ramadhan ini untuk tidak takut lakukan donor darah ,biasanya sesudah berbuka.Karena donor darah tidak memberi efek apapun malahan menambah pahala.(die)

Penulis : Devie

Editor : Joyebas

Related posts

Giliran Aziz Zainal dan Robin Hutagalung Diperiksa Penyidik KPK di SPN Pekanbaru

Celahkotanews

Pemko Dumai Siapkan 4000 Hektare Lahan Untuk Pertanian

Celahkotanews

Paripurna,Pencapaian Dana Perimbangan Dumai Belum Optimal

Celahkotanews

Leave a Comment