Berita Terbaru Hukrim

Pungutan SKGR Termasuk Pungli, Wako Sebut Belum Ada Payung Hukum

2016-10-22_12-46-59
Foto hanya ilustrasi

Celahkotanews.com || Dumai – Bagi para camat di Kota Dumai harus berhati-hati. Jika tidak bakal terjerat dengan hukum. Pasalnya Pungutan pembuatan Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR) termasuk salah satu pungli, karena tidak ada aturan dan payung hukum menetapkan berapa tarif harga pembuatan surat keterangan tahan tersebut.

Walikota Dumai, Zulkifli As mengakui bahwa memang belum ada payung hukum yang jelas mengenai pungutan SKRG, apalagi jika ditetapkan dan dipotak berapa tarifnya itu masuk dalam pungli. ”Jadi ini sudah ada disampaikan para camat, mereka takut dan enggan mengeluarkan skgr, namun saya tegas, jangan patokkan tarif,” terangnya.

Orang nomor satu di kota Dumai ini, mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan ombusman untuk mengetahui apakah ada aturan yang bisa mengatur pembuatan skgr tersebut. ”Jadikan ada beberapa biaya yang keluar seperti matrai, petugas yang mengukur kelapangan, ini yang menjadi polimik, para camat sudah sampaikan kepada saya,” sebutnya.

Ia berharap agar para camat berhati-hati, jangan sampai ada memungut biaya tarif SKGR. ”Ini yang harus diperhatikan, aturannya kan belum ada,” tambahnya.

Sementara itu, Kasi Tata Usaha dan Perdata Kejari Dumai, Jhony mengatakan berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Riau nomor 583/TP/1433 tanggal 19 Mei 1996 mengenai aturan pejabat kecamatan tidak boleh lagi mengeluarkan SKGR atau Surat Keterangan Tanah (SKT). ”Seharusnya tidak boleh lagi, tapi memang sampai sekarang masih saja dilakukan,” sebutnya.

Selain itu, Jony mengatakan SKGR bukan alas hak atas pemilikan tanah, jadi bagi masyarakat yang memiliki harus meningkatkan secepatnya menjadi sertifikat, karena jika nanti bersengketa. ”Pihak lain ada alas hak kepemilikan tanah berdasarkan uu,  yakni sertifikat, maka yang miliki SKGR otomatis kalah dipengadilan, karena skgr bukan alas hak atas kepemilikan tanah,” tutupnya.(Ckn)

 

Editor : Ckn

Penulis : Bolki

Related posts

Kadishub Dumai Adu Mulut Dengan Deputi GM Pelindo I 

Celahkotanews

PJ,Walikota Dumai Dilantik,Besok oleh PLT Gubri

Celahkotanews

Dumai Pertama Di Riau Terbitkan KIA

Celahkotanews

Leave a Comment