Berita Terbaru Lingkungan

Pipa Loading Salah Satu Perusahan Diduga Bocor

2016-12-30_19-51-47

Celahkotanews.com || Lagi dan lagi pencemaran lingkungan dilakukan oleh perusahaan pengelolaan CPO di Kota Dumai. Bagaikan tiada henti perusahaan-perusahan pengelola Cruid Palm Oil (CPO) di Kota Dumai yang beroperasi di bibir pantai ini mencemari laut dengan dengan sering terjadinya tumpahan CPO akibat kelalaian perusahaan, karyawan maupun peralatan perusahaan yang sudah kadaluarsa dan harus mendapatkan perawatan.

Kali ini indikasi pencemaran lingkungan dilakukan oleh perusahaan PT.Naga Mas yang beroperasi di wilayah pelabuhan Pelindo Kota Dumai. Dimana mulai dari pagi Kamis (29/12) hingga Jumat (30/12) pagi, tumpahan CPO rembesan dari pipa loading milik PT Naga Mas yang terletak dibawah dermaga pelabuhan yang menghubungkan dengan tanki perushaan terus terjadi dan meneteskan CPO ke laut Dumai yang diterindikasi akan mengakibatkan pencemaran laut mengingat kondisi pelabuhan Pelindo cabang I Dumai minim akan alat pengaman tumpahan minyak (oil bom,red).

Dimana pihak perusahaan sempat kesulitan menangani tumpahan CPO karena tidak mengetahui secara jelas lokasi kebocoran pipa hingga Jumat pagi posisi pipa yang selama ini sudah banyak mencampakkan minyaknya ke laut Dumai ini akhirnya baru diketahui pihak perusahaan dan sedang dilakukan penanganan kebocoran pipa.

Tidak diketahui sudah berapa banyak tumpahan CPO selama 1 hari kondisi pipa bocor dan pihak perusahaan mengaku masih menyelidiki kejadian jnk dan masih sibuk melakukan perbaikan.

Dilansir Dari xnewss Humas PT Naga Mas, Ardi ketika dikonfirmasi  Jumat (30/12) membenarkan adanya tumpahan CPO milik perusahaannya yang mengalir hingga kelaut tersebut akibat kebocoran pipa yang diakui pihak perusahaan terjadi di lokasi pipa penampung.

“Benar ada tumpahan tersebut dan saat ini kita sudah membersihkan tumpahan tersebut dengan mengambil tumpahan dan memperbaiki pipa yang bocor,” ujarnya.

Kebocoran terjadi di pipa yang tidak jauh dari tanki penampungan CPO bukan pipa loading, tambahnya ketika dikonfirmasi lokasi pipa yang menyebabkan kebocoran tersebut.

Dikatakan Ardi, kejadiannya berlangsung semalam pagi, (Kamis,red) dan saat ini kita sudah menemukan titik kebocoran dan sudah kita tanggulangi.

Sementara itu keterangan yang berbeda diberikan oleh kepala kantor lingkungan hidup (KLH) Kota Dumai Bambang Suriyanto.

Dikatakannya kalau kebocoran CPO milik PT. Naga Mas tersebut terjadi di pipa loading milik perusahaan yang berada dibawah dermaga pelabuhan pelindo Dumai yang selama ini menjadi pipa penghubung antara tanki timbun perusahaan dengan kapal pengangkut CPO saat mengangkut CPO milik perusahaan tersebut.

“Kebocoran terjadi di pipa loading perusahaan yang ada dibawah dermaga pelabuhan Pelindo dan sudah terjadi sejak semalam (Kamis,red) dan anggota kita dilapangan sudah melakukan pengecekan,” kata Bambang.

Kita masih melakukan penyelidikan dilapangan dan sudah melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan untuk menangani tumpahan CPO dan mereka melakukan penanganan dini, tambahnya. (red)

Related posts

Bus angkutan Mudik,Sopir dan Kernek Akan Diperiksa 

Celahkotanews

Sembako Stabil, Disdag Sebut Telur dan Ayam Masih Mahal

Celahkotanews

Miliki Sabu-sabu Siap Edar, Oknum Polisi Dumai Ditangkap

Celahkotanews

Leave a Comment