oleh

Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Masyarakat

CelahkotaNEWS.com || DUMAI – Mewujudkan perpustakaan sebagai sumber belajar masyarakat memang sebuah gawe yang besar. Agar sukses, unsur kedekatan dan rasa memiliki harus dibangun. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan berusaha “masuk” dalam denyut nadi kehidupan masyarakat setempat.

Sejarah mencatat, bahwa tidak ada bangsa manapun di dunia ini yang berhasil mencapai puncak-puncak kebudayaan tanpa ditopang oleh budaya membaca masyarakatnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan arsip Kota Dumai,Suryanto,Sp mengatakan, jika ingin tahu tentang apa saja di dunia ini datanglah keperpustakaan, karena di sana kita akan mengetahui apa saja kita inginkan. Karena itu lah, orang menyebutnya Perpustakaan adalah jendela dunia. Sementara, wajah seseorang adalah jendela hati.

Dikatakannya,  perpustakaan sering dianggap sepele oleh banyak orang terutama dinegara-negara kurang maju dan baru berkembang. Tapi, di negara maju dan modern perpustakaan sebagai tempat yang sangat terhormat karena selalu dimanfaatkan oleh orang-orang pintar.

Dari perpustakaan itu, katanya, mereka bisa melihat masa lalu dan yang akan datang. “Juga dijadikan tempat mencari referensi dari apa yang dibutuhkan bagi keperluan riset atau apa saja. Ditempat kita, hal belum menjadi sebuah kebutuhan. Maka, banyak yang berbicara sesuatu tanpa referensi dan akhirnya ngawur,” Jelas suryanto,Sp

Pemerintah Kota Dumai Melalui Dinas Perpustakaan dan arsip mengharapkan agar masyarakat memanfaatkan perpustakaan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Mengapa budaya baca menentukan kemajuan suatu bangsa? Jawabannya ditarik dari definisi membaca itu sendiri. Membaca tidak sekedar membunyikan deretan huruf dan simbol di atas kertas, menyusuri kata, frase atau deretan kalimat. Membaca dalam artian benar-benar membaca, juga diikuti oleh proses pengambilan makna. Di dalamnya mencakup proses ingatan, penilaian, pemikiran, penghayalan, pengorganisasian pemikiran dan pemecahan masalah.(rdk)

Penulis : Khairul iwan

Editor : Joeyibas

Gambar : Dok.CKN

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.