Berita Terbaru Lingkungan

Perketat Pengawasan Penjualan Miras

MirasCELAHKOTANEWS.COM, DUMAI – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Dumai menyambut gembira Kebijakan Menteri Perdagangan (Mendag) yang melarang minimarket menjual minuman beralkohol (Minol). Apalagi aturan tersebut dilaksanakan dengan benar oleh Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag).

“Kebijakan pemerintah yang melarang penjualan minuman beralkohol (minol) dimini market jelas harus didukung dan disambut gembira apalagi peraturan tersebut berlaku 16 April ini,’’ papar Ketua MUI, Lukman Syarif.

Islam bukan tidak mengetahui sisi manfaat khamar (Minol), namun dalam pandangan Islam dampak kerusakan khamr dalam kehidupan manusia jauh lebih besar dari manfaat yang bisa diperoleh. Hal ini dinyatakan di dalam Al-Quran surat Al Baqarah ayat 219 yang artinya: Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya.

‘’Jadi dengan adanya kebijakan tersebut, masyarakat akan menjadi terikat dengan aturan dan tidak mudah mendapatkan minuman beralkohol di pasaran,’’ sebutnya.

Lukman mengharapkan jumlah orang yang mengonsumsi minuman beralkohol semakin berkurang atau tidak ada lagi. “Dengan demikian diharapkan jumlah orang yang mengkonsumsi minuman tersebut semakin berkurang sehingga bangsa ini akan semakin lebih baik dan lebih sehat. Sebab bagaimanapun Minol dalam ajaran islam merupakan suatu yang haram baik bagi si peminum, pembuat, penjual, pemasak dan sebagainya. Seharusnya aturan seperti ini sudah lama diterapkan agar tidak banyak generasi muda yang rusak,’’ papar dia.

Diharapkan juga, aturan tersebut tidak hanya sekedar ceremony saja diawal penerapan, dibutuhkan pengawasan dari berbagai pihak tentu harus lebih intens dan perketat.(wdy)

Related posts

Pemkab Meranti Tak Lagi Terima Pegawai Honorer

Celahkotanews

Pemko Dumai Tetapkan Status Siaga Bencana Karlahut

Celahkotanews

BKPSDM Lakukan Verifikasi 4.018 Berkas Pelamar CPNS Kota Dumai

Ckn

Leave a Comment