oleh

Perguruan Tinggi Komputer Pertama di Riau Resmi Jadi USTI

-Pendidikan-3 views

PEKANBARU – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amik Riau (STMIK Amik Riau) telah berubah menjadi Universitas Sains dan Teknologi Indonesia (USTI). Transformasi Perguruan Tinggi Komputer Pertama di Riau ini bersamaan dengan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No: 232/E/0/2024 pada Tanggal 13 Maret 2024 lalu.

USTI yang beralamat di Jl. Purwodadi, Panam, Pekanbaru merupakan gabungan dari STMIK Riau dan Amik Riau, didirikan oleh Yayasan Komputasi Riau. Rektor USTI Dr Lusiana, M.Kom menjelaskan bahwa Amik Riau berdiri sejak 1990 dengan program kemudian Diploma membuka Program Diploma I pada 1992, dan terakreditasi pada 2005.

Lanjutnya, sedangkan STMIK Riau berdiri pada 1996 dengan program Strata 1, terakreditasi pada 2005. Pada 2006, kedua lembaga ini digabung menjadi STMIK Amik Riau dengan dua program studi diantaranya adalah Teknik Informatika (S1) dan Manajemen Informatika (DIII), yang terakreditasi sejak 2005.

Akreditasi program studi ini diperbarui pada 2011 dan 2016. Pada 2017, STMIK Amik Riau diberi izin membuka dua program studi baru antara lain Sistem Informasi (S1) dan Teknologi Informasi (S1), sehingga memiliki tiga program sarjana dan satu program diploma. Pada 2018, STMIK Amik Riau terakreditasi B oleh BAN-PT.

“Alhamdulillah pada 2024, STMIK Amik Riau berubah bentuk menjadi USTI dengan tambahan lima program studi baru. Sehingga saat ini USTI telah memiliki 8 (delapan) program studi,” kata Rektor USTI saat Grand Launching USTI, Senin (27/5/24).

Lusiana menjelaskan bahwa visi USTI yaitu menjadi pusat keunggulan Tri Dharma Perguruan Tinggi berbasis technopreneurship di Sumatera 2035. Sedangkan misinya yaitu berkomitmen memberikan pendidikan dan penelitian berkualitas tinggi, didukung oleh fasilitas terkini.

“Kami fokus pada pengembangan lulusan yang siap bersaing dan relevan dengan kebutuhan industri. Membangun komunitas penelitian yang solid dan berkontribusi nyata untuk pembangunan masyarakat,” ujarnya.

Sebagai informasi, adapun 8 program studi di USTI diantaranya yaitu Program Studi Teknik Informatika, Program Studi Teknologi informasi, Program Studi Sistem informasi, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Logistik, Program Studi Hukum Bisnis, Program Studi Manajemen Bisnis Internasional, dan Program Studi Informatika Medis.