Berita Terbaru Hukrim

Penipu Mengaku Pejabat di Ringkus Polisi

2017-02-22_19-29-46
RN Saat diamankan Pihak Kepolisian
Celahkotanews.com || Dumai –  RN (33) bekerja hanya sebagai buruh. Namun dirinya berhasil menipu PNS dengan mengaku sebagai pejabat di Kota Dumai. Tak tanggung-tanggung PNS berinisial SP (51) ditipu sekitar Rp 23 juta. Beruntung Polisi berhasil menangkap pelaku tersebut pada Rabu (22/2) dini hari di Jalan Tega Lega, Kecamatan Dumai Selatan.
Tersangka mengaku mengetahui nomor korban dari kenalannya seorang guru. Tapi ia enggan menyebut nama dari kenalannya. Bahkan ia mengaku cuma bekerja sendirian melakukan aksi penipuan.
“Saya cuma tahu dari kenalan nomor itu,” jelas RN saat menjalani ekspose di Polres Dumai, Rabu (22/2).
Ia mulai mengaku sebagai PLT Kadis Pemberdayaan Perempuan Dan Anak Kota Dumai kepada korban. “Saya iming iming jabatan , namun korban percaya dan mengirim uang secara bertahap,”sebut pelaku.
Kejadian berawal saat korban yang bernama Supriatin (51) warga Bukit Timah Kecamatan Dumai Barat ini pada Selasa (17/2)  sekira pukul 11.00 WIB menerima telepon dari seseorang yang mengaku sebagai H.Syafii, PLT Kadis Pemberdayaan Perempuan Dan Anak Kota Dumai.
Dalam sambungan telepon tersebut, sang Kadis gadungan tersebut mengatakan bahwa dirinya akan mengatur posisi kepala sekolah yang ada di Kota Dumai.Lantas pelaku meminta korban mengirimkan sejumlah uang ke rekening Bank BNI atas nama Rinaldy.
Tanpa menaruh curiga sedikitpun korban lalu mengirimkan uang sebanyak Rp. 5 Juta Rupiah ke rekening tersebut. Lalu pelaku menghubungi kembali dan meminta uang lebih banyak lagi hingga di transfer sejumlah Rp. 23 Juta Rupiah.
Beberapa hari kemudian korban  mendatangi rumah H. Syafi’i dan mendapati kenyataan dari istri yang bersangkutan (H. Syafi’i,red) bahwa suami nya tidak pernah menelpon korban untuk mengirimkan sejumlah uang untuk tujuan menawarkan jabatan.
Kapolres Dumai AKBP Donald H Ginting mengatakan pelaku memang sudah ditangkap oleh Satreskrim polres Dumai.
“Dari tangan tersangka kita berhasil mengamankan sejumlah barang bukti seperti satu buah cincin emas beserta suratnya dengan harga Rp 2.250.000, Satu buah kartu atm BNI dengan sisa Saldo Rp.17.557.650, satu buah Handphone samsung Lipat warna putih biru, dan uang Tunai Rp.3.650.000,” Jelas Kapolres.
Sementara Itu Kasat Reskrim Polres Dumai AKP Juper Lumban Toruan menghimbau kepada masyarakat yang menjadi korban penipuan seperti yang dialami  agar segera melaporkan kejadian tersebut ke pihak Kepolisian
“Kepada masyarakat yg menjadi korban penipuan, agar segera melaporkan, karena kami yakin ada korban lain nya,” ujarnya.(ckn).
Penulis : Bolki
Editor : Ckn

 

Related posts

Usai Menonton TV Isteri Kaget Melihat Suami Tergantung Didalam Kamar

Celahkotanews

Perdana Daftar, Pasangan Abdul Kasim-Nuraini Diantar Ribuan Pendukung

Celahkotanews

Ketua PSMTI Riau : Perayaan Imlek  Tahun ini Akan Digelar Lebih Terbuka

Celahkotanews

Leave a Comment