Berita Terbaru Lingkungan

Pengawasan Hutan Terus Ditingkatkan

HUTAN
Pengawasan Hutan Terus Ditingkatkan

CELAHKOTANEWS.COM,DUMAI – Pemerintah Kota Dumai dalam hal ini Distanbunhut melalui Bidang kehutanan terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pengawasan hutan di wilayah Kota Dumai.

Salah satunya untuk mencegah terjadinya penebangan liar,ilelal loging serta mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan diwilayah Kota dumai. Aksi perambah ilegal tersebut biasanya disebabkan dua hal, yaitu kesengajaan dan ketidaktahuan masyarakat akan status kawasan. Karena ketidaktahuan, dan kesalahan serta kurangnya melakukan sosialisasi, sehingga kelestarian hutan terancam punah.

Hadiyono Kabid Kehutan Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kota Dumai pada celahkotanews mengatakan,
”pada tahun 2015 kegiatan kita terhadap pengawasan dan pemberantasan illegal loging, serta pengawasan terhadap kebakaran hutan dan lahan, berdasarkan instruksi dari Walikota Dumai, Gubernur dan Presiden, Bahwa untuk Riau ini khususnya Kota Dumai kita harus mengurangi asap yang selama ini telah menjadi PR kita, dan kami berusaha agar kegitan pembakaran hutan dan lahan dapat berkurang jika perlu tidak ada lagi.Pada tahun 2014 yang lalu bertepatan lawatan menteri lingkungan hidup dan kehutanan ibu siti nurbaya menitik beratkan pada khususnya untuk kabupaten kota yang ada di Riau, yaitu masalah kebakaran hutan dan lahan serta telah memerintahkan kepada kita yaitu Polhut dan PPNS untuk melakukan kegiatan Pemantauan dan monitoring, jadi kegiatan ini Bukan dilakukan hanya berdasarkan SPT, tetapi hal ini sudah menjadi tugas pokok dan fungsi Polisi Kehutanan,”.

Hadiyono juga menjelaskan,”Untuk wilayah kota Dumai yang Paling rawan terhadap illegal loging dan kebakaran lahan,seperti kecamatan Medang Kampai yaitu bekas dari HPH, dan di Kecamatan Sungai Sembilan yaitu lahan-lahan yang di kuasa oleh masyarakat yang notabene juga bekas dari HPH.” Tutur Hadiyono.

Perlindungan dan pengamanan hutan dibutuhkan dengan tujuan mencegah dan meminimalkan kerusakan hutan serta menjaga hak negara atas hutan dan hasil hutan, dan memiliki nilai strategis dalam kehidupan masyarakat dan negara dimana fungsi hutan sebagai sumber daya alam hayati, penyangga kehidupan dan merupakan aset daerah yang mempunyai manfaat ekologis dan ekonomis.

Sejauh ini pula masyarakat berharap sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan, merupakan kegiatan dalam bentuk penyebarluasan informasi dan data mengenai peraturan perundang-undangan yang berlaku di bidang kehutanan kepada masyarakat yang berkepentingan dengan kehutanan. Hal untuk mencegah terjadi perusakan sumber daya alam dan lingkungan hidup serta pelanggaran tindak pidana dibidang kehutanan baik terhadap hutan, hasil hutan dan peredarannya serta untuk menambah wawasan para pemangku bidang kehutanan mengenai Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.(one)

Related posts

Pemerintah Kota Dumai Usulkan Bantuan Kapal Untuk Nelayan Setempat

Celahkotanews

Warga Menjerit ,Tarif Listrik Naik Terus Tiap Bulan

Celahkotanews

Pecat 20 Pekerja,PT.SMIP Hargai Tenaga Kerja Dengan Konpensasi Rp 1,5 Juta

Celahkotanews

Leave a Comment