oleh

Pemprov Riau Belum bisa Tentukan Jalur Masuk,Kereta Api Pekanbaru – Dumai

41masperi
Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekdaprov Riau, Masperi.

Celahkotanews.com || PEKANBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tengah menunggu izin trase jalur kereta api yang menghubungkan Dumai-Pekanbaru dari Kementerian Perhubungan RI. Namun dipastikan, pembangunan proyek rel kereta tersebut tidak akan berubah dan tetap sesuai jadwal.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekdaprov Riau, Masperi, Senin (2/11/2015), menjelaskan, setelah izin trase jalur kereta diperoleh dari Kemenhub, Pemprov Riau akan membentuk panitia lokal yang menentukan titik dan jalur pembangunan yang dilalui kereta nantinya.

“Selain itu akan dilakukan inventarisir pemilik lahan sehingga memudahkan panitia dalam kegiatan pembebasan lahan,” ujar Masperi.

Ia menjelaskan jalur kereta Pekanbaru-Dumai ini akan menyambung ke jalur kereta Trans Sumatra yang saat ini juga tengah dilaksanakan di Rantau Prapat Sumatra Utara.

“Nantinya akan menyambung ke Kota Dumai, kemudian ke Pekanbaru dengan lebar jalur sekitar 10 meter,” katanya.

Lebih lanjut Masperi menjelaskan pihaknya belum dapat menentukan dimana pintu masuk jalur kereta yang akan dibangun tersebut. Ada pun pembangunan jalur kereta di wilayah Riau saat ini sejalan dengan proyek infrastruktur lainnya yaitu pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai yang masih dalam tahap pembebasan lahan. (ckn/Hr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.