Berita Terbaru Politik

Pemko Dumai Terima Hasil  Penilain  WTN Dari Tim Evaluasi Tahap II dan III

45WTN-Dumai
Penyerahan Laporan Hasil Kunjungan Tim Penilai dari Ketua Tim Penilai Endi Suprasetio kepada Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE yang disaksikan Wakil Ketua DPRD Dumai H. Zainal Abidin SH. 

CELAHKOTANEWS.COM || DUMAI – Kota Dumai dinilai berpeluang meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2016, karena Kota Dumai termasuk salah satu daerah yang penataan sarana transportasi publik dan lalu lintas cukup baik. Selain itu memiliki sarana dan prasarana yang lengkap, mulai dari keberadaan terminal, rambu lalu lintas, halte, trotoar, marka jalan dan lain-lainnya.

Hal tersebut disampaikan Endi Suprasetyo selaku ketua Tim Penilai WTN Tahun 2016 dari Kementerian Perhubungan RI, saat memberikan paparan hasil kunjungan tim penilaian lapangan tahap II dan III penghargaan WTN 2016 di Gedung Media Center Jalan Putri Tujuh Dumai Timur, Rabu 31 Agustus 2016.

Pemaparan hasil kunjungan tim penilaian lapangan tahap II dan III penghargaan WTN 2016 tersebut, dihadiri Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE, Wakil Ketua DPRD Dumai Zainal Abidin SH, Komisi III DPRD Dumai Supriyanto, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai Bambang Sumantri SH, Satlantas Polres Dumai, Kabid Darat Dishub Kota Dumai Renhard Ronald, dan sejumlah pimpinan instansi terlibat.

Menurut Endi, untuk Kota Dumai miskipun tim menemukan beberapa hal yang harus diperbaiki dilapangan, namun estimasi nilai sudah di atas rata-rata minimal nilai yang dicapai. “Ada harapan Kota Dumai untuk kembali meraih WTN di tahun 2016, meskipun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki,”ujarnya.

Untuk meraih penghargaan WTN ada 3 (Tiga) tahapan yang dilakukan oleh panitia tim penilai WTN. Tahap I, yakni penilaian Administrasi dan kelengkapan data dari semua lokasi yang akan dinilai oleh tim yang sudah dilakukan beberapa bulan lalu. Tahap II, yakni Penilaian survey lapangan yang meliputi 4 kriteria seperti sarana angkutan umum, prasarana pendukung jalan lalu lintas, serta pelayanan kepada masyarakat. Terakhir tahap III, adalah paparan dari pemerintah Kota Dumai. Ketiga tahapan tersebut sangat penting, karena berisikan semua data dan kondisi lapangan yang sebenarnya.

“Seluruhnya hasil kunjungan di lapangan sudah kami paparkan, baik kekurangan yang harus dibenahi, maupun kelebihan yang harus dipertahankan. Jika lulus dalam penilaian tahap III ini, maka selanjutnya Kota Dumai hanya menunggu pengumuman yang akan dipublikasikan pada Peringatan Hari Perhubungan Nasional mendatang,”jelas Hendi kepada awak media usai memberikan paparan hasil kunjungan tim tersebut.

Kata Endi, beberapa hal telah menjadi catatan untuk segera dilakukan perbaikan. Karenanya, kami berharap agar kekurangan itu bisa dilengkapi sebelum Sidang Pleno hasil keputusan. “Secara keseluruhan sudah baik, dan nilai ini akan kami sampaikan kepada pemerintah pusat, setelah itu nanti akan dikalkulasi sampai benar-benar layak untuk mendapatkan WTN,”terangnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo mengaku optimis bahwa Kota Dumai akan mendapatkan penghargaan WTN tahun 2016 ini, meski masih ada temuan-temuan yang butuh perbaikan. “Temuan adalah sebuah hal yang wajar, akan tetapi yang pasti hanya sedikit, sehingga ke depannya kita harus berbenah lagi sampai tidak ada lagi temuan dalam penilaian,”kata Eko.

Ke depan, Eko Suharjo menginginkan adanya peningkatan sarana dan prasarana jalan, mulai dari rambu, marka, maupun sarana prasarana yang masih dibutuhkan. “Semua itu akan tercapai melalui peran serta masyarakat, pemerintah, dan pihak swasta lainnya,”tegasnya.

Pemaparan Hasil Kunjungan Tim Penilai Lapangan Tahap II dan III Panitia Pelaksana Tingkat Nasional Penghargaan WTN 2016 di akhiri dengan penyerahan Laporan Hasil Kunjungan Tim Penilai dari Ketua Tim Penilai Endi Suprasetio kepada Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE dan penyerahan cenderamata Pemko Dumai yang disaksikan Wakil Ketua DPRD Dumai H. Zainal Abidin SH, Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Bambang Sumantri SH, Kabid Darat Dishub Dumai Renhard Ronald dan lainnya.(CKN/WAN)

 

 

Related posts

Dumai Kota Bersih

Celahkotanews

Kepsek Ciumi Siswinya

Celahkotanews

9 Sektor Pajak Bapenda Sumbang Pad Capai 120 M

Celahkotanews

Leave a Comment