Berita Terbaru Celah Kota Lingkungan

  Pemko dumai melalui disdukcapil dumai akan mencetak kartu identitas anak setelah pengesahan apbd p 2016

 

kia

CELAHKOTANEWS.COM||DUMAI – Kota dumai di tunjuk sebagai kota penerapan kartu identitas anak di indonesia oleh pemerintah pusat

Peraturan menteri dalam negeri nomor 2 tahun 2016 tentang kartu identitas anak ini diterbitkan sebagai bentuk kewajiban pemerintah untuk memberikan identitas kependudukan kepada seluruh penduduknya yang berlaku secara nasional. Orang tua dapat mengajukan permohonan penerbitan kia bagi anaknya dalam rangka pendataan, perlindungan dan pelayanan publik untuk mewujudkan hak terbaik bagi anak itu sendiri.

 Identitas kependudukan anak ini adalah dalam bentuk kia. Kia adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten/kota.

Tujuan pemerintah menerbitkan kia bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.dengan pemberian identitas kependudukan kepada anak tentunya akan mendorong peningkatan pendataan,perlindungan dan pelayan publuk untuk mewujudkan hak terbaik bagi anak.dalam hal ini pemerintah kota dumai menyapaikan juga bahwa pengurusan kartu identitas.

Berdasarkan peraturan mendagri nomor 2 tahun 2016 telah tercipta kartu identitas anak, dan dari seluruh kota atau kabupaten yang ada di indonesia ini, kota dumai termasuk dalam percontohan penerbitan kartu identitas anak. Dengan kata lain kota dumai di tunjuk sebagai pilot project atas penerbitan kartu identitas anak ini, sejauh ini.

“ alhamdulillah,saya bangga atas kinerja dari pemerintah pusat ini untuk memperhatikan anak indonesia, serta mencegah terjadi nya penculikan pada anak di bawah usia 17 tahun,” kata Suardi.

Suardi juga menambahkan “saya juga bangga atas kepercayaan yang di berikan oleh pemerintah pusat dengan memilih kota dumai sebagai percontohan penerbitan kia seindonesia ini” tambah suardi.

Pemerintah kota dumai melalui dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota dumai telah menerima sekitar 45 ribu blangko kia dari pemerintah pusat,sementara untuk ribbon atau tinta percetakan  di anggarkan dengan anggaran daerah, disdukcapil dumai telah menganggarkan dari dana apbd p 2016, dan jika tidak ada aral melintang dalam waktu dekat ini akan mencetak kia  untuk anak anak di bawah usia 17 tahun. Ini menunjukkan bahwa kota dumai benar benar siap dalam penerbitan kartu identitas anak ini.

“setelah APBD P 2016 ini di sahkan, kami akan mencetak kia sebanyak 45 ribu kartu, dimana anggaran ribbon ini dari anggaran daerah” ujar Suardi lagi.

Kepemilikan kartu identitas anak merupakan pengenal anak dan akan di arahkan untuk menjadi satu syarat mendaftar masuk sekolah, keperluan membuat dokumen kependudukan lain, mempermudah urusan perbankan, bisa juga untuk mengurus paspor anak, untuk pengurusan administrasi anak, serta saat pergi ke luar kota dan mengalami kehilangan anak, orang tua dapat mengetahui dimana sang anak  berada melalui sistem kia. Dimana bentuk dari kia ini sama seperti ktp/tata letak poto nya pun sama seperti ktp, hanya saja warna nya yang berbeda, untuk kia berwarna merah muda, sedangkan ktp berwarna biru muda.

“setiap anak wajib memiliki kartu identitas anak ini, jika sang anak sudah berusia di atas 17 tahun, baru lah kia ini di ganti dengan ktp” lanjut kadisdukcapil

Kepala disdukcapil kota dumai Suardi s.sy mengatakan banyak manfaat dari kia ini, seperti pengurusan paspor serta dokumen lain nya/cukup dengan menggunakan.(ckn)

 

Related posts

Pemerintah Memberikan Dan Meningkatkan Kesehatan Untuk Masyarakat ROHIL

Celahkotanews

RSUD Dumai Raih Penghargaan Rumah Sakit Sayang Ibu dan Anak Dua tahun Berturut-turut

Celahkotanews

Stabilkan Harga, Bulog Datangkan 5 Ribu Ton Gula ke Riau

Celahkotanews

Leave a Comment