pemerintahan

Pemko Dumai Buka Pendaftaran Untuk Jabatan Sekda

celahkotaNEWS.com || DUMAI – Pemerintah Kota Dumai telah membuka pendaftaran jabatan Sekretaris Daerah Kota Dumai. Penunjukan Sekda definitif akan dilakukan melalui cara asesmen atau lelang terbuka sesuai UU ASN.

Hal itu diungkapkan oleh walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi usai membuka lomba mancing di Pelabuhan TPI Dumai Minggu akhir pekan kemarin.

“Pendaftarannya sudah dibuka, ada beberapa nama yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti lelang jabatan Sekda melalui Asesmen,” kata Walikota, Minggu (31/3/2019).

Menurut Wako, proses seleksi terbuka jabatan Sekda ini dilakukan panitia seleksi yang sudah dibentuk. Seluruh panitia seleksi berasal dari luar lingkungan Pemko Dumai. “Panitianya dari eksternal, jadi proses seleksinya benar-benar objektif,” sebut Wako.

Terkait nama – nama pejabat yang sudah mendaftarkan diri untuk ikut seleksi Sekda Kota Dumai, walikota mengaku belum menerima laporan dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kota Dumai.

“Saya belum dapat laporan siapa saja yang sudah mendaftar untuk ikut lelang jabatan Sekretaris Daerah Kota Dumai. Atau bisa langsung ditanyakan kepada Kepala BKPSDM,” sebut Zul As.

Ketika ditanya, apakah ada pejabat luar daerah ikut mendaftar, Wako menjelaskan bahwa seleksi ini dilakukan secara terbuka sehingga tidak menutup kemungkinan ada pejabat luar daerah yang juga ikut mendaftar untuk menjadi Sekda Kota Dumai.

“Perekrutan Sekda harus melalui lelang terbuka dan seleksi dilakukan oleh tim yang dibentuk. Jadi bisa saja ada pejabat luar kota ikut serta dalam proses ini, yang penting memenuhi syarat,” terang wako.

Masih kata Wako, jika proses perekrutannya tidak dengan lelang terbuka sesuai dengan Undang-undang ASN, maka setelah dilantik pun bisa dibatalkan oleh Komisi ASN. Jadi harus sangat hati-hati dengan masalah ini.

Sesuai UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara mengamanatkan bahwa Pengisian jabatan pimpinan tinggi utama dan madya dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan latihan, rekam jejak jabatan, dan integritas serta persyaratan lain yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kota Dumai Eri Nasrizal belum dapat di temui untuk dimintai keterangannya terkait siapa saja yang sudah mendaftarkan diri mengikuti seleksi calon Sekda Dumai.

Namun informasi yang berhasil dirangkum, baru ada dua pejabat Pemerintah Kota Dumai yang sudah mendaftarkan diri untuk.ikut seleksi terbuka jabatan Sekda Kota Dumai.

Yaitu Hendri Sandra SE yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DPMPTSP Kota Dumai dan Suriyanto SP Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai, selain itu calon Sekda Dumai diisi oleh nama-nama pejabat dari luar Kota Dumai.(hrc/ckn)

Related posts

13 Kelurahan ‘ Zona ‘ Kawasan Kumuh “Dumai Target Kotaku”

Celahkotanews

Walikota ‘Tagih’ Kontribusi Perusahaan Terkait  Penghijauan

Celahkotanews

Empat Ribu Keping Blangko e-KTP Kembali Tersedia

Celahkotanews

Leave a Comment