oleh

Pembangunan Jaringan Pipa Gas PGN 132,8KM Dengan Nilai Investasi Rp 10 Milyar

logolicious_20170302_203326
Hendri Sandra : Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai

Celahkotanews.com – PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) terus memperluas jaringan pipa gas bumi di berbagai daerah. Salah satunya membangun pipa gas bumi di Kota Dumai sepanjang 132,8 kilometer (KM) dengan nilai investasi Rp10 Miliar.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai Hendri Sandra SE didampingi Kepala Bagian Humas Setdako Dumai Riski Kurniawan dalam keterangan Pers, Kamis (2/3/2017). Ia mengatakan pembangunan jaringan pipa gas bumi oleh PGN untuk memperluas pemanfaatan gas bumi bagi masyarakat dan perusahaan yang beroperasi di Kota Dumai.

“PGN saat ini sudah memulai proses pembangunan jaringan pipa gas bumi jalur Duri – Dumai sepanjang 76,5 kilometer diameter pipa 24 in, dilanjutkan, Dumai – Lubuk Gaung sepanjang 25,7 kilometer diameter pipa 16 dan 12 in, Dumai – Pelintung sepanjang 29 kilometer diameter pipa 12, 16 dan 20 in dilanjutkan pembangunan jalur Pelindo sepanjang 1,6 Kilometer diameter pipa 8 in dengan nilai investasi Rp 10 Milyar,” kata Hendri.

Diharapkan, pembangunan jaringan pipa gas ini akan mendukung terwujudnya Dumai sebagai kota industri. “Untuk itu kami mohon dukungan semua pihak agar kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik,” harap Hendri.

Lanjutnya, keberadaan jaringan pipa gas bumi juga diharapkan mampu meningkatkan nilai investasi di Kota Dumai. “Kita juga tentunya berharap pembangunan jaringan pipa gas negara mampu meningkatkan nilai investasi di Kota Dumai,” paparnya.

Terkait izin, Hendri Sandra mengatakan bahwa izin prinsip sudah ditandatangani oleh walikota Dumai awal februari 2017 mengacu pada izin prinsip yang dikeluarkan Pemerintah Propinsi Riau.

Sebelum ditandatangani oleh walikota Dumai, pihaknya sudah bentuk tim melibatkan instansi terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PU dan instansi terkait lainnya. Tim sudah melakukan survei kelapangan. Hasilnya secara teknis dan administrasi perusahaan tersebut sudah memenuhi syarat untuk memulai aktifitas, termasuk aspek keselamatan sudah ada SOP nya.

“Untuk menjamin pekerjaan mereka tidak berbahaya bagi masyarakat, pihak PGN punya deposit di salah satu Bank, dana tersebut guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan akibat pelaksanaan pekerjaan pembangunan jaringan pipa gas bumi. Yang pasti ada komitmen dari PGN untuk mengedepankan profesionalitas dalam mengerjakan proyek tersebut. Bahkan mereka berkomitmen proyek penggalian pipa gas akan diselesaikan tepat waktu dan tanah yang digali segera di kembalikan pada kondisi seperti semula,” terangnya.(ckn/hrc)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.