Berita Terbaru Celah Kota Lingkungan

Pelindo Kembali Lanjutkan Pembangunan Jembatan Sungai Dumai

“Pemko Dumai Dukung Perencanaan PT.Pelindo I lanjutakan pembanguan jembatan Kuala sungai Dumai “

Pelindo

CELAHKOTANEWS.COM||DUMAI – Pemerintah Kota Dumai melalui walikota dumai mendukung secara penuh rencana PT.Pelindo Satu cabang kota Dumai untuk melanjukan kembali pembanguan jembatan kuala sungai dumai yang membetang dari jalan batera menuju Bandar bakau kuala sungai dumai tersebut.

Sejauh ini juga pembanguan jembatan tersebut yang sempat terbengkalai dengan berbagai hal yang dihadapi namun sejauh itu juga usaha PT.Pelindo untuk membanguan kembali jembatan tersebut mendapat dukungan pemerintah kota Dumai.

Walikota Dumai Zulkifli As mengenai pembangunan jembatan tersebut kepada celahkotanews.com mengatakan,
“Dalam hal ini pemko dumai sangat mendukung pembanguan jembatan sungai dumai ini sejauh ini tentunya akan berdampat terhadap kenyamanan dan keamanan dalam beraktifitas, selanjutnya akan terbuka isolasi aktifitas melalui jalur sisi darat dengan ada nya pemebaguan ini juga kan lebih memperindah kota dumai, jadi dengan dibanguanya jembatan tersebut tentunya berdampak pula terhadap terminal penumpang menuju ke terminal roro dengan melalui jalan ringrood tersebut,”terang Zulkifli as

Sedangkan untuk proses kelanjutkan proyek jembatan itu, pelelangan proyek senilai Rp 65 miliar tersebut telah dilaksakan dilaksanakan di Kota Medan, Sumatera Utara. Sesuai rencana awal pembangunan, jembatan yang berfungsi sebagai penataan lalu lintas kapal ini akan dibangun sepanjang 298 meter, tinggi 8,1 meter dan lebar 20 meter untuk dua lajur

Pembangunan jembatan khusus penghubung jalan lingkar untuk armada angkutan berat dan akan segera diselesaikan seiring adanya ruas jalan tol Dumai – Pekanbaru.

Selain diperuntukkan jalur armada angkutan minyak mentah kelapa sawit yang berkepentingan di kawasan Pelindo, jembatan ini juga akan berfungsi sebagai lintasan pengangkutan peti kemas.

Pembangunan jembatan kuala sungai Dumai tersebut termasuk salah satu pengembangan usaha PT. Pelindo, apabila jembatan ini selesai tentunya akan menambah panjang dermaga D khusus untuk aktivitas kapal pengumpul barang sembako impor,pembanguan jembtan ini pula tentunta untuk menata pelabuhan sehingga dapatr mendukung kemajuan ekonomi daerah.

GM PT.Pelindo I dumai Muhamad junaidi terkait pembanguan jembatan yang sempat terntunda dri tahun 2009 tersebut mengatakan,
“memang Pembangunan jembatan pelindo I Cabang dumai ini akan segera kita banguan ,hal ini tentunya sebagai upaya mendukung Program pemerintah dan tentunya pula untuk kemajuan kota dumai sediri,”terang Muhamad Junaidi.

Nama kota Dumai, jelas lebih familiar di telinga warga Indonesia dibandingkan kota-kota industry lainya di propinsi riau, Dumai sudah terkenal sebagai pelabuhan terbesar kedua di Sumatera yang merupakan pelabuhan ekspor CPO terbesar Indonesia.

Perkembnagan kawasan industri pula menjadi salah satu tolak ukur kemajuan kota yang berdekatan dengan selat tersibuk di dunia selat malaka.

Disamping itu, karena Dumai termasuk dalam program poros maritim pemerintah pusat dengan rencana proyek jalan tol dan rel kereta api, dipandang nantinya akan semakin meningkatkan perekonomian daerah. Pekerjaan lanjutan pembnaguan kula sungai Dumai yang bernilai Rp 65 M ini tidak akan berdampak pada kawasan konservasi bandar bakau Dumai yang berada di Jalan Nelayan Kelurahan Pangkalan Sesai Kecamatan Dumai Barat.

Pelindo berharap lanjutan pembangunan jembatan Sungai Dumai ini dapat bersinergi dengan program pemerintah pusat dalam rencana sejumlah proyek strategis nasional. Sejauh ini juga aktifitas masyarakat di bantaran kuala sungai Dumai memang masih ramai banyak masyarakat yang masih menggantungkan hidup melaui sungai tersebut.

Penulis : Khairul Iwan

Related posts

Walikota Dumai Apresiasi Terhadap Kinerja Polres Dumai

Celahkotanews

Antre untuk menggunakan hak pilihnya Dua Warga Meninggal Dunia Dalam Pemilu Malaysia

Celahkotanews

Calon Sekda Dumai 2 Jam Berkutik Dengan Waktu 

Celahkotanews

Leave a Comment