Berita Terbaru Politik

Pelantikan 30 Legislator Terpilih,Masih Menunggu Penetapan dari Gubri

DUMAI – Sekretariat DPRD Kota Dumai telah mempersiapkan prosesi pelantikan anggota legislatif terpilih hasil Pemilu 2019 dengan berkoordinasi ke semua pihak terkait, namun untuk jadwal masih menunggu penetapan dari Gubernur Riau.

Sekretaris DPRD Kota Dumai Fridarson menyebutkan, meski sudah dijadwalkan pelantikan legislator terpilih pada 3 September 2019, namun tetap harus menunggu keputusan Gubernur Riau.

“Beberapa persiapan sudah ada, baik terkait pengamanan, koordinasi dengan pemerintah dan menyiapkan undangan pelantikan, tapi keputusan jadwal dari gubernur belum turun,” kata Fridarson, Senin.

Dijelaskan, koordinasi untuk pengamanan pelantikan dilakukan dengan kepolisian, satuan polisi pamong praja dan dibantu petugas pengamanan kantor dalam.

Sekretariat DPRD Dumai juga sudah menyurati anggota dewan terpilih agar bersiap menghadiri pelantikan, termasuk Ketua Pengadilan Negeri Dumai yang akan melantik DPRD Dumai periode 2019 – 2024.

“Prosesi pelantikan digelar sederhana saja dan tidak mewah, dan keputusan gubernur diperkirakan beberapa hari kedepan turun,” sebutnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum Dumai Darwis usai penetapan 30 DPRD terpilih hasil Pemilu 2019 pada 10 Agustus 2019 lalu mengatakan, seluruh berkas berita acara penetapan akan disampaikan ke Pemerintah Provinsi Riau melalui Pemkot Dumai untuk selanjutnya dijadwalkan pelantikan.

“Pengumuman penetapan calon legislatif menang menandai rampung nya seluruh tahapan pemilu serentak 2019, dan KPU akan mengirimkan berkas ke pemerintah untuk persiapan dan jadwal pelantikan,” kata Darwis.

Tahap penetapan Anggota DPRD Dumai menang ini sempat mengalami penundaan karena masuk gugatan perselisihan hasil pemilu dari satu partai politik, namun sudah digugurkan Mahkamah Konstitusi.

Dari hasil penghitungan perolehan suara pemilihan legislatif, Partai Demokrat menjadi pemenang dengan lima kursi DPRD, disusul Nasdem, PKS dan PDI Perjuangan, sedangkan Golkar, PAN dan Gerindra, PPP tiga kursi, dan satu kursi untuk Partai Hanura.

Diketahui, perolehan kursI DPRD Kota Dumai dari Daerah Pemilihan I Kecamatan Dumai Kota diraih Idrus (Gerindra), Haslinar (Nasdem), Muhammad Al Ikhwan Hadi (PKS), Suriyanto (Demokrat) dan Gusri Effendi (PDIP).

Selanjutnya, Dapil 2 Kecamatan Dumai Timur-Medang Kampai 8 kursi diraih oleh Syafrizal Nurdin (PAN), Andy Putra Silitonga (PDIP), Rudi Hartono (PKS), Sri Wanah (Nasdem), Yuhandri (Gerindra), Mara Hamdan Harahap (Demokrat), Hasan (PPP) dan Edison (Golkar).

Untuk Dapil 3 Kecamatan Bukit Kapur-Sungai Sembilan dengan 8 kursi, caleg terpilih yaitu Bahari (PDIP), Bujang (PAN), Mawardi (PKS), Kamisan (Demokrat), Yusman (Nasdem), Jem Harahap (Hanura), Ponimin (Golkar) dan Salman (PPP).

Anggota DPRD dari Dapil 4 Kecamatan Dumai Barat-Dumai Selatan, Agus Purwanto (Demokrat), Tahjuddin Effendi (PKS), Syarifah (Golkar), Marihot Sitorus (PDIP), Sutrisno (Nasdem), Johannes MP Tetelepta (Gerindra), Hasrizal (PAN), Roni Ganda Bakara (Demokrat) dan Hamdan (PPP).(antarariau.com)

Related posts

Menkopolhukam : Riau Harus Lebih Intens Perangai Narkoba Dan Terorisme

Celahkotanews

Mau Tahu Bagaimana Mengukur Kesehatan Jiwa Anda?

Celahkotanews

Pengamat Ekonomi: Kenaikan Tarif Administrasi STNK/BPKB Memberatkan Masyarakat

Celahkotanews

Leave a Comment