Berita Terbaru Lingkungan

PDAM Tirta Dumai Bersemai,Hanya Layani 4 Persen Warga Dumai

DUMAI CELAHKOTANEWS.COM – Hingga kini, tercatat 1.385 pelanggan atau sambungan rumah PDAM di Dumai. Namun tidak seluruhnya masyarakat mendapat air bersih secara maksimal. Bahkan dari total jumlah penduduk kota dumai saat ini yang mencapai 316.642 jiwa hanya sekitar 230 pelanggan yang memperoleh air bersih bahkan yang sangat memilukan lagi dari 230 pelanggan tersebut yang membayar jasa air bersih hanya sekitar 195 Pelanggan.
Kondisi ini disebabkan belum optimalnya infrastruktur pendukung distribusi air bersih di Dumai. Untuk produksi air pada instalasi pengolahan yang terpasang, kini baru bisa mendistribusikan air sebanyak 40 liter per detik dan bersumber dari air baku sungai masjid.

“Pipa penyaluran PDAM di Dumai banyak sudah tua. Sehingga tidak maksimal menyalurkan air bersih. Kami baru layani 4 persen masyarakat di Dumai,” terang Abdurrachmansyah, Direktur PDAM Tirta Dumai Bersemai.

Guna mengoptimalkan pelayanan, dia berharap kepada Pemko Dumai agar segera memfungsikan instalasi baru yang dibangun konsorsium PT Adhi Karya beberapa tahun lalu.

“Dumai sudah punya instalasi air memadai. Hanya saja belum diserahkan ke PDAM, jadi kita belum bisa memanfaatkannya. Kalau sudah diserahkan, minimal kebutuhan dalam kota bisa terpenuhi,” tandasnya.
Sejauh ini juga PDAM Tirta Dumai Bersemai,boleh dikatakan jalan di tempat karena air bersih yang diharapkan masyrakat juga tak kunjung meneteskan air sehingga masalah air bersih di Kota Dumai Tetap menjadi Momok ditengah masyarakat Dumai,bahkan target BUMD yang di bentuk satu tahun yang lalu menargetkan 4000 sambungan rumah,namun hal ini tidak terwujud bahkan pipa yang ada pun mulai tak bersambung.
Harapan masyarakat kota dumai untuk memperoleh air yang putih tetap saja sebagai mimpi yang tak berujung,dan masyarakat dumai tetap saja menikmati air merah air asli Kota dumai yang dikenal dengan kondisinya sebagai lahan gambut.(ckn)

Related posts

Wisata Bono Teluk Meranti Masuk Nominasi API,Pemkab Pelalawan Harapkan Percepatan Pembangunan

Celahkotanews

Jauhi Penyakit Hati Sombong, Iri, dan Dengki dan Cara Mengobatinya

Celahkotanews

Pasukan Wanita Matahari,Akan Balas Dendam Ke ISIS

Celahkotanews

Leave a Comment