Berita Terbaru Sosial dan Budaya

Pasar Terapung itu Ada di Kalimantan

celahkotaNEWS.com || KALSEL – Pulau Kalimatan yang dianugerahi sungai-sungai elok yang mengalir di sepanjang perkotaannya, memang memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh pulau lainnya di Indonesia salah satunya yaitu adanya pasar terapung.

Dahulu kala pasar terapung banyak sekali ditemui di daerah Kalimantan, namun seiring berkembangnya zaman keberadaan mereka pun mulai berkurang. Beberapa upaya pun telah ditempuh pemerintah setempat untuk turut melestarikan adanya tradisi pasar terapung ini.

Pasar terapung yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan ini mulai ramai di pagi hari buta, mulai di waktu subuh mencapai puncak keramaiannnya sekitar jam 6-7 pagi. Untuk jenis dagangan yang diperjualbelikan umumnya merupakan hasil pertanian dan perkebunan masyarakat setempat.

Apalagi jika musim panen tiba, kumpulan pedagang di pasar apung ini pun akan melebihi jumlah pada umumnya. Selain masa panen, umumnya aktivitas rutin pasar terapung baru ramai pada hari pasar yakni setiap hari sabtu dan minggu. Selain buah-buahan dan sayur-mayuran, kue khas daerah setempat pun kerap diperjualbelikan oleh para pedagang di pasar apung ini. Tak hanya kue khas saja, bahkan ada pula pedagang yang menjajakan sarapan berat dengan menu andalannya yaitu Soto Banjar dan Ketupat Kadangan.

Kota Banjarmasin yang merupakan ibukota Provinsi Kalimatan Selatan sangat di kenal dengan pasar terapungnya karena ,para penjual dan pembeli pada umumnya melakukan transaksi di atas perahu, yang dalam bahasa Banjar disebut jukung. Tapi ada juga klotok (perahu bermesin) yang ikut meramaikan suasana pasar. Meskipun pasar ini dipenuhi dengan jukung dan klotok yang saling berdesakan, tapi para penjual dan pembeli dengan sigap mengemudikan perahu masing-masing dan saling mengejar untuk bertransaksi.

Menikmati segarnya buah-buahan, menyeruput teh atau kopi sambil mencicipi penganan khas Banjarmasin saat dibuai gelombang sungai tentu akan menjadi kenikmatan tersendiri bagi pengunjung.(**berbagai sumber )

Related posts

Paska Tumpahan Sterin,Pendemo Ingin Gayang PT.Naga Mas

Celahkotanews

Penambangan Pasir Laut Ilegal di Pulau Ketam, Negara dirugikan Rp 7 Milyar

Celahkotanews

KPU Dumai Musnahkan 613 Lembar Surat Suara

Celahkotanews

Leave a Comment