oleh

Pangkalan TNI AL Dumai Mengamankan 36 Orang PMI Non Prosedural

-Dumai-7 views

DUMAI – Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Lanal Dumai berhasil mengamankan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural dari Malaysia ke Indonesia sebanyak 36 orang di pesisir pantai Pelintung, Kota Dumai, Kamis (28/12/23).

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Kariady Bangun, menyampaikan, pengamanan tersebut berhasil dilakukan berawal dari Tim F1QR Lanal Dumai mendapatkan informasi dari agen di lapangan terkait adanya Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia yang akan masuk secara ilegal melalui pesisir Pantai Pelintung Kota Dumai. Mengetahui hal, Tim F1QR Lanal Dumai diturunkan untuk melakukan pendalaman.

Dijelaskan Danlanal, Pada Kamis (28/12/2023) sekira Pukul 00.30 WIB, Tim F1QR Lanal Dumai bergerak melalui jalur darat menuju titik lokasi yang diduga sebagai tempat turun PMI Non Prosedural dari Malaysia yang berada di pesisir pantai Pelintung Kota Dumai.

Pukul 05.00 WIB Tim F1QR Lanal Dumai mendeteksi adanya 36 Orang yang terdiri dari 24 orang laki-laki dan 12 orang perempuan yang diduga sebagai PMI Non Prosedural sedang berkumpul di pinggir Pantai Pelintung Kota Dumai menunggu mobil jemputan menuju ke terminal kota Dumai.

Selanjutnya PMI dibawa menuju ke Mako Lanal Dumai untuk dilaksanakan pemeriksaan dan pengecekan barang-barang bawaannya, dengan hasil tidak ditemukan barang/benda ilegal (berbahaya) lainnya.

Diduga para PMI Non Prosedural melakukan pelanggaran UU 18 tahun 2017 tentang perlindungan Pekerja Migran Indonesia, selanjutnya PMI Non Prosedural dan barang bukti diserahkan ke P4MI Kota Dumai untuk proses lebih lanjut.

Keberhasilan TNI AL dalam mengamankan 36 Orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural dari Malaysia, merupakan salah satu bentuk kesiapan dan kesiapsiagaan TNI AL dalam menghadapi berbagai ancaman Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah kerjanya hal tersebut sesuai instruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali. (wan).

Komentar

9 komentar

  1. Ping-balik: zoloft ibuprofen
  2. Ping-balik: lexapro and diarrhea
  3. Ping-balik: fluoxetine snorting
  4. Ping-balik: gabapentin longecity

Komentar ditutup.