Sosial dan Budaya

Pacu Sampan Masyarakat Concong Meriahkan HUT RI Ke 70

3b160815
Warga Concong Tengah, Inhil meriahkan HUT ke 70 RI dengan menggelar pacu sampan. Lomba juga diikuti peserta wanita.

CELAHKOTANEWS.COM CONCONG – Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-70 RI, warga Desa Concong Tengah, Kecamatan Concong menggelar Lomba Pacu Sampan.

Warga setempat tumpah ruah menyaksikan perlombaan tersebut dari pinggir sungai Concong, Senin (17/8/15). Puluhan sampan yang ikut di ajang ini bukan hanya dari Desa Concong Tengah, tapi juga dari desa tetangga, seperti Desa Air Bagi, Desa Kampung Baru.

“Kami memilih perlombaan Pacu Sampan ini karena merupakan keseharian dan tradisi warga sebagai alat transportasi air,” ungkap Kepala Desa Concong Tengah, Erwinsyah.

Untuk itulah, sebut Erwin, pacu sampan ini diadakan bukan hanya untuk memeriahkan HUT ke-70 kemerdekaan RI, tapi juga bagian melestarikan tradisi warga pesisir.

Karena dalam kesehariannya, warga pesisir tidak dapat dilepaskan dari mendayung sampan, baik sebagai alat transportasi air atau sarana mencari ikan di sungai atau laut.

“Diharapkan, seluruh warga khususnya generask muda, mencintai dan melestarikan tradisi ini,” katanya.

Uniknya, lomba yang cukup menguras tenaga ini, bukan hanya diikuti kaum pria, tapi juga wanita, sehingga tak jarang memicu gelak tawa warga yang menontonnya, saat mereka menimbulkan kesalahan saat mendayung sampan mereka untuk meninggalkan lawannya.

Related posts

Dara Manis Rohil Tampil Di D’Academi Indosiar 4 Wakili Riau

Celahkotanews

Harumkan Riau, Dua Anak Karyawan RAPP Paskibra Upacara HUT RI ke-71 di Istana

Celahkotanews

11 Praktik Seksual yang Tak lazim dari Berbagai Suku Dunia

Celahkotanews

Leave a Comment