Berita Terbaru Celah Kota Politik

Musrenbang Perencanaan Pembanguan RKPD Kota Dumai Tahun 2015, Utamakan Program Skala Prioritas

Walikota Dumai Khairul Anwar
Walikota Dumai H.Khairul Anwar

CELAHKOTANEWS.COM,DUMAI – Pemerintah Kota Dumai dalam Mengupayakan terwujudnya perencanaan yang Senergis, Partisipatif, Transparan, dan Akuntebel Menuju masyarakat Dumai yang sejahtera dan madani tahun 2o16. Dengan betemakan di atas pemerintah Kota Dumai Melaksakan Murenbang pembanguan RKPD tyahun 2015 di balai Pertemuan Sri Bunga Tanjung jalan Putri Tujuh Kota Dumai.

Walikota Dumai H.Khairul Anwar pada celahkotanews.com mengatakan,

”Sejauh ini anggaran Pendapatan Pmerintah kota Dumai pada tahun 2015 ini berkurang Sebanyak Rp 271 milyar. Hal ini tentunya harus disikapi Pemerintah kota Dumai secara serius dengan melakukan efesiensi pelaksanaan kegiatan. Namun demikian pembangunan harus tetap dijalankan dengan tetap memperhatikan Program Skala Prioritas.

Sedangkan Pembanguan infrastruktur juga perlu, namun perlu klarifikasi itu artinya, dalam musrenbang pemerintah kota dumai Tahun 2015 ini, memperhatikan hal yang dianggap perlu.

Musrenbang pada tahun 2015 ini merupakan program yang dianggap penting, hal ini dikarenakan untuk menampung aspirasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan kota Dumai karena melalui wadah inilah masyarakat dapat merumuskan arah serta kebijakan dan corak pembanguan kota Dumai pada tahun 2016 yang akan datang.

“Sejauh ini pula pemerintah kota Dumai dalam Menyusun kegiatan Berpedoman pada RPJMD Dumai dan rencana kerja pembangunan jangka Menengah Provinsi Riau. Selain itu program dan kegiatan yang dirumuskan juga perlu mengakomodir hasil Prioritas Musrenbang Kecamatan dan rencana kerja SKPD tahun 2016.”jelas Walikota Dumai.

Khairul Anwar juga menambahkan,
”Dengan demikian diharapkan pemerintah kota Dumai melalui musrenbang RKPD tahun 2015 ini dapat meningkatkan kesatuan antara program dan kegiatan tahunan yang lebih terpadu, koprehensif dan bersenergi dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi Kota Dumai.”Tambah Khairul.

Musrenbang RKPD tahun 2015 merupakan penajaman dari hasil forum SKPD yang telah dilaksanakan. Tentunya masukan, saran, dan kritikan yang membangun menjadi cambuk SKPD untuk mempertimbangkan kembali rencana kerja tahun 2016 yang lebih memenuhi tuntutan dan aspirasi masyarakat.

Sejauh ini Musrenbang juga sarana untuk, mewujudkan aspirasi masyarakat, secara umum dapat ditangkap bahwa masyarakat mengiginkan peningkatan kesejahtraan dari tahun ketahun menjadi semakin baik pula. Peningkat kesejahteraan tersebut tercermin dari berbagai indikator seperti pemenuhan kebutuhan pokok serta pemenuhan hak atas pendidikan dan kesehatan.

Musrenbang pada tahun 2015 ini merupakan wahana antar pihak yang lansung maupun tidak langsung, mendapat manfaat atau dampak dari program pembangunan daerah kota Dumai sebagai terwujudnya dari pendekatan partisipasif perencanaan pembanguan yang mulai dari musyawarah RT, Kelurahan, Kecamatan, Forum SKPD, dan Musrenbang RKPD Kota Dumai Tahun 2015 ini.

“Musrenbang pada tahun 2015 sesuai dengan tema tersebut sementara menyelaraskan Prioritas dan sasaran pembangunan dareah propinsi dan pusat.”Tambah Kahirul Walikota Dumai.

Sejauh ini pula pembangunan nyata yang sudah terbanguan skala prioritas pada tahun 2014 yang lalu sudah menuaikan dampak positif bagi masyarakat, salah satunya pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan drainase hal seperti ini dapat menjadi bahan porcontohan bagi setiap SKPD dalam melaksanakan arah dan kebijakan pembangunan kota Dumai kedepan.(ckn)

Related posts

Pemuda Buluh Kasap Galang Dana Peduli Palu, Donggala dan Sigi

Celahkotanews

Rayakan Ulang Tahun Ke 11 Dealer  HMC Adakan Turnamen Domino

Celahkotanews

Kesal,Terlambat Datang Walikota Sentil ASN

Celahkotanews

Leave a Comment