Berita Terbaru Celah Kota Lingkungan Sosial dan Budaya

Meranti Laut Meriahkan Perayaan HUT RI ke 71

hut71 copy

CELAHKOTANEWS.COM||DUMAI – Jalan meranti laut persisnya di lingkunag kelurahan STDI kecamatan Dumai Barat kota Dumai lebih dikenal masyarakat kota Dumai sebagai kawasan rawan banjir beberapa tahun yang lalu, namun setakad ini keberadaan parit di sepanjang dataran jalan meranti tersebut kini telah asri dan bersih berkat kerja sama masyarakat dan pemuda setempat,nah mengisi kegitan hut ri ke 71 berbagai kegiatan di perlombakan di barbaran parit tersebut seperti pertarungan bukul bantal di atas parit.

Semangat Kebangsaan dalam Mengisi Kemerdekaan RI ke 71 – Semangat kebangsaan merupakan daya dorong dan motivasi yang berperan kuat dalam tahap perjuangan mengisi dan mempenahankan kemerdekaan dengan pembangunan segala bidang. Dalam perkembangan sejarah bangsa Indonesia, tidak mustahil bahwa di masa mendatang akan timbul ancaman dan bahaya terhadap keberadaan NKRI sepeni yang pernah dialami di masa lalu. Untuk menanggulangi masalah tersebut, diperlukan semangat kebangsaan dengan intensitas tinggi seperti dalam tahap perjuangan fisik perang kemerdekaan tahun 1945-1949.

Menunjukkan prilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan, mendeskripsikan makna nasionalisme, dan patriotisme, dan menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia, serta pada akhirnya kita semua mempunyai komitmen yang tinggi dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan NKRI.

Sebagai wujud nyata atas rasa sukur dalam mengisi hari kemengaran ri ke 71 di lingkungan RT 011 kelurahan STDI jalan meranti laut para pemuda dan dan masyrakat setempat melasanakan erangkain perlombaan pemainan, seperti panjat batang pinang,pukul bantal joget bola dangdut serta banyak lagi permaian untuk mengisi hari kemerdekaan.

Slah satu permaian yang banyak di gemari oleh anak-anak dilingkunag RT 011 adalah pukul bantal yang mana permainan ini banyak mengundang masyrakat sekitar untuk menyaksikan secra lansung maklum kegitan dan permaian dengan mengunakan batang pinang dan busa yang kemudian dua orang pemain ini saling pukul untuk di jatuhkan di air hal ini tentu saja mebuat decak kagum masyrakat sekitar kepada para pemudanya yang telah menberikan hal yang positif kepada geneasi penerus dilingkunga RT 11 tersebut.

Bagi bangsa Indonesia, momen kemerdekaan 17 Agustus bukan hanya tentang upacara bendera. Tetapi juga tentang lomba-lomba menarik yang seru dan mengasyikkan. Berbagai macam permainan diperlombakan untuk tetap memupuk semangat juang dan juga untuk merekatkan warga satu sama lain. Permainannya pun bervariasi mulai dari permainan yang sudah umum dikenal,serta beberapa permainan trasional khas Indonesia yang masih sering diperlombakan untuk perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus.

Selain pukul bantal dibataran parit meranti laut permaian panjat batang pinang Hitam legam Permainan beregu yang satu ini sudah lama dikenal sejak zaman kemerdekaan. Permainannya tidak rumit namun tingkat kesulitannya sangat tinggi. Sebab para peserta secara beregu harus membentuk formasi meningkat ke atas sehingga orang yang paling atas dapat mencapai puncak dari pinang. Tantangan bukan hanya itu saja, pinang juga telah dilumuri sabun oli dan gomok hitam sehingga sangat licin untuk dipanjat dan para regu pemain pun terlihat hitam legam.wauuu hhhaaa asikkkk.

Warna-warni lomba tradisional yang selalu ada di bulan Agustus ini seperti sudah menjadi tradisi turun temurun masyarakat bangsa ini untuk sekedar mengingat perjuangan para pejuang zaman penjajah untuk memperjuangkan hidupnya. Warna-warni lomba Agustusan ini selalu tampak meriah di setiap kampung-kampung dan selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat sekitar yang sekedar menonton serunya aneka lomba-lomba yang hanya ada di peringatan kemerdekaan RI. Berbagai lomba yang di gelar saat Agustusan ini diikuti oleh anak-anak hingga orang dewasa. Hadiahnya memang tak seberapa namun kebersamaan untuk ikut serta mengikuti perlombaan ini menjadi salah satu wadah untuk menjalin silaturahmi antar masyarakat.

Mengisi kemeriah kemerdekaan ri ke 71 dilingkunag masyarakat RT 011 memang terbilang kompak dan meriah,dengan mengabil tema mengisi kemerdekaan dengan kebersamaan,merupakan cikal bakal persatuan dan kekompakan pemuda dan masyarakat meranti laut dilingkunag RT 011 tersebut.(c1/wan)

Related posts

Lima Anggota Polri Gugur Dalam Tragedi di Mako Brimob,Kantor Polisi Dumai Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Celahkotanews

Drainase Jalan BudiKemulian Dumai Tidak Berpungsi

Celahkotanews

Jelang Nataru Kasi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai Sapa Penumpang

Celahkotanews

Leave a Comment