Berita Terbaru Politik

Menteri ESDM Kalian tidak lihat Muka Saya Orang Padang

Menteri ESDM Arcandra Tahar memberikan keterangan kepada media usai mengikuti rapat koordinasi di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (9/8)
Menteri ESDM Arcandra Tahar — ANT/Akbar Nugroho Gumay

Celahkotanews.com || Jakarta -Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia Archandra Tahardituding memiliki dwi kewarganegaraan, warga negara Indonesia dan Amerika Serikat.

F17CaJoOK5
Wakil Presiden Jusuf Kalla — ANT/Yudhi Mahatma

Wakil Presiden Jusuf Kalla dikutip dari metrotvnews.com mengatakan, tim bentukan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tengah mengkaji persoalan ini.

“Tim Menkumham tengah mengkaji,” kata Kalla saat melayat di kediaman Adi Sasono, Jalan Swakarya Bawah, Kompleks Departemen Dalam Negeri, Jakarta Selatan, Minggu (14/8/2016).

Meskipun baru mengenal saat di Indonesia, Kalla memastikan bahwa Archandra orang baik. Ia pun menegaskan akan menunggu hasil kajian dari tim.

“Saya baru kenal kemarin, tapi orangnya baik,” kata Kalla.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo enggan berkomentar terkait tudingan yang dialamatkan pada Arcandra. Bahkan, Tjahjo mengaku baru mendengar kabar ini dari media.

“Saya belum dengar dari yang bersangkutan. Kita tunggu saja klarifikasinya,” kata Tjahjo.

Archandra dituding memegang paspor Amerika Serikat setelah melalui proses naturalisasi pada Maret 2011. Ini menjadi masalah karena Indonesia masih menganut asas kewarganegaraan tunggal.

Pria asal Pariaman itu sudah dua kali mengeluarkan pernyataan terkait kewarganegaraannya. Pertama, usai menyambangi Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Sabtu, 12 Mei 2016.Archandra menjawab pertanyaan pewarta sembari berkelakar bahwa ia adalah orang Padang.

“Kalian tidak lihat muka saya orang Padang?” kata Archandra singkat.

Pagi tadi, Archandra kembali angkat bicara di Kementerian ESDM. Ia dengan tegas membantah tudingan dwi kewarganegaraan dan mengaku masih memegang paspor Indonesia yang berlaku hingga 2017.

“Saya masih pegang paspor Indonesia. Masih valid,” tegas Arcandra.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Teguh Pamudji menekankan kabar tersebut telah diklarifikasi Presiden kepada pejabat terkait. “Isu itu sudah clear dengan Presiden dan pejabat terkait,” tuturnya.(C1/Metrotvnews.com)

Related posts

Heboh!Mayat Pria Ditemukan Telungkup di Depan Kantor Dinas Pertanahan Kota Pekanbaru

Celahkotanews

Pemko Dumai Klim Pertumbuhan Ekonomi Dumai Membaik

Celahkotanews

Objek Wisata Pantai Dumai Ramai di Kunjungi Warga Saat Lebaran

Celahkotanews

Leave a Comment