Berita Terbaru pemerintahan

Menggeliat Di Pantai Timur Provinsi Riau Dumai menginjak Usia remaja Ke18 Tahun

2017-04-28_13-17-31
Menggeliat Di Pantai Timur Provinsi Riau Dumai menginjak Usia remaja Ke18 Tahun

CELAHKOTANEWS.COM II DUMAI – Tercatat dalam sejarah,Dumai yang semula hanya sebuah dusun kecil dipesisir timur Provisnsi Riau yang merupak bagian dari kewedahan Rupat,kabupaten Bengkalis di masa itu,kini Kota Dumai telah mulai berbenah diri menjadi Mutiara di pantai timur sumatera.

Kota dumai yang terbentuk pada tanggal 27 April 1999 yang semula hanya sebuah Kota Administratif menjadi Kota Dumai berdasarkan Undang-undang Nomer 16 Tahun 1999 tanggal 20 April 1999 tentanng atau Pembentukan Kota madya Daerah Tinggakt II Dumai yang merupakan hasil pemekaran dari kabupaten induk Kabupaten Bengkalis.

Namun Kini Kota Dumai telah menginjak Usia yang terbilang dari usia remaja ke usia dewasa yaitu usia Ke 18 tahun,secra rtesmi menjadi Kota yang kukuh dengan undang – undang 19 tahun 1999.Pada awal pembentukan dumai hanya memiliki 3 Wilyah kecamatan terdiri dari 13 Kelurhan dan 9 desa dengan wilayah Kecamatan terdiri dari 13 kelurahan dan 9 desa dengan luas wilyah 1.272 Kilometer persegi serta tercatatt dengan jumlah penduduk kurang lebih 298.189 jiwa dan kini telah dimekarkan menjadi 7 Kecematan,33 Kelurahan dan 527 Rukun Tetangga.

Setakad ini filosofo dasar penegelolahan Status wilyah administrasi pemerintahan adalah untuk memperpendek rentang kendali ,dan mempercepat tingkat pelyanan serta memperbesar peran serta masyrakat dalam menyelengrakan pemerintahan,pengelolahan pembangunan dan pemberdayaan masyrakat,disamping menangkap peluang penegembangan ekonomi strategis yabf sangat menjanjikan dimasa mendatang.

Dalam penyelengaraan pemerintah Kota Dumai, Telah mengenal Beberapa orang pemeimpin daerah (Walikota) Administratif yaitu Wan Dahlan Ibrahim,Drs.H.Ruli idar,H.Fadlah Sulaiman,SH. Drs. HAswin Yakob dan Drs.H.Zainudin Abdullah.

Namun semenjak terbentuknya Kota Dumai sampai dengan saat ini di usianya yang Ke 18 tahun telah di Pimpin sebanyak 7 orang Tokoh yang dipercayai untuk menjlankan amanah rakyat,ketujuh Tokoh tersebut adalah :

1. Drs. H.Zainudin Abdullah,yang menjabat sebagai Walikota dumai sejak Tanggal 27 April 1999 S/D 27 April 2000

2. Drs.Wan Syamsir yus, yang menjabat Walikota Dumai dan H.Suarman.AR sebagai Wakil Walikota dumai dengan mas jebatan 27 April 2000 S/D April 2005

3. Ir.H.nasrun Effendi,MT yang menjabat sebagai pelaksana tugas Walikota Dumai Mulai tanggal 28 April 2005 S/D 12 Agustus 2005

4. Drs. Zulkifli As,M.Si, yang menjabat Walikota Dan dr.sunayo menjabat sebagai Wakil walikota Dumai dengan masa jabatan 2005-2010 terhitung tanggal 12 Agustus 2005 S/D 12 Agustus 2010

5. H.Khairul Anwar,SH, yang menjabat sebagai Walikota dumai dan dr.H.Aguswidayat,MM sebagai Wakil walikota Dumai

6. Drs.Arlisman agus,MM Yang menjabat sebgai Penjabat Walikota Dumai sejak tanggal 22 Agustus 2015 S/D 17 Februari 2016

7. Drs. Zulkifli As,M.M.si dan eko Suharjo,SE menjabat sebagi Walikota dan wakil walikota dumai sejak tanggal 17 Februari 2016 sampai sekarang.

Dalam menjalankan roda pemerintahan,disamping pemekaran wilyah kecamatan,dalam pengelolahan pemerintahan kota dumai berdasarkan perda nomor 12 tahun 2016 memiliki 18 Dinas,2 Sekretariat,9 lembaga Teknis daerah yang terdiri dari 5 Badan,1 kantor,1 Inspektorat,1 satpol PP dan 1 RSUD Kota dumai.

Guna memberikan rasa arah,pendorong,penyatu gerak bagi seluruh stakeholders untuk mewujudkan kondisi masa depan yang ideal,melalui penyelangara pemerintahan,pengelolahan pembangunan,dan pelayanan masyarakat Kota Dumai diusianya yang ke 18 tahun tersebut telah dirumuskan dan menetapkan sebuah intrumen pernyataan yang disebut pemerintahan “terwujud Masyarakat Dumai Yang madani makmur dan Madani”

Sejauh itu juga lebih lanjutnya guna mewujudkan Visi,pemerintah,telah merumuskan misi atau mandat yang diemban untuk dilaksanakan secara oleh seluruh stakeholders Kota Dumai, Yang meliputi,Peningkatan Ekonomi Masyarakat dan penegetasan kemiskinan, mewujudkan pemerintahaan yang effektif,bersih melalui penyelengraaan pemerintahan yang propsional,aspiratis,partisipatif dan transparan,meningkatkan intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian,mengobtimalkan ketepatan alokassi dan retribusi sumber-sumber daerah khusnya APBD untuk peningkatan rakyat,mewujudkan keseimbangan antara pembangunan fisik dan sumber daya manusia,mewujudkan dumai sebagai kota Smartcity, dengan sarana pendididkan dan kesehatan yang cukup memadai,dan dengan predikat Kota layak anak,Kota dumai berusaha memaksimal memacu diri,selain sektor Industri dan kepelabuhan ,sarana penunjang ekonomi rakyat juga tersedia dan di kelaola dengan baik.

18 tahun adalah usia yang penuh enerjik dan dinamis serta memiliki vitalitas yang tinggi,dengan usia ke 18 tahun tersebut Kota Dumai berazam menyonsong masyarakat yang makmur dan madani.

Namun dengan usia ke 18 tahun iniu mampukan pemrintah Kota dumai Memberikan Rasa makmur sehingga garis roda perekonomian dan garis kemiskinan di Kota Puteri tujuh ini akan menurun..? ( Ckn)

Penulis : Khairul Iwan

Sumber : Pemko Dumai

Related posts

Walikota Dumai Ingatkan Kepala SKPD,Camat Dan Lurah Jangan Ada Pungli Di Setiap Pelayanan 

Celahkotanews

Bahagia Itu Mudah, Kuncinya Adalah Bersyukur dan Menjadi Peribadi yang Selalu Sederhana

Celahkotanews

Waduhhh,Memalukan Pejabat Pengadilan Agama di Jambi Disebut Intip Celana Pegawainya

Celahkotanews

Leave a Comment