Gaya Hidup dan Kesehatan

Membuka Hati dengan Menulis Surat Cinta Terasa Indah

celahkotaNEWS.com || Kapan terakhir kali Anda menulis surat cinta dengan tangan dan kertas? Anda boleh saja tergelitik dengan pertanyaan ini, apalagi di era digital seperti sekarang. Namun, menulis surat cinta secara manual adalah salah satu bentuk terapi diri yang ampuh.dilansir dari halaman cnnindonesia.com

Menulis surat cinta secara manual akan terasa indah seperti hadiah. “Orang bisa memegangnya, kemudian mungkin menyimpannya dalam sebuah kotak,” ujar Tom Lang, seorang guru yoga sekaligus ahli komunikasi, saat ditemui di sela gelaran Bali Spirit Festival (BSF) 2019 di Ubud, Bali, pekan lalu.

Meski tidak menyebutkan secara spesifik, Lang menyebut, ada studi yang membuktikan bahwa tulisan berhubungan dengan emosi seseorang. Bahkan ukuran, kemiringan, dan jarak antarkata mampu memberikan kesan berbeda.

Menulis, kata Lang, adalah sebuah proses, berbeda dengan mengetik yang terbilang instan. “Saya pikir menulis surat cinta adalah sebuah seni, seperti seni kaligrafi,” imbuhnya.

Menulis surat cinta bak terapi diri. Meski memberikan efek berbeda pada setiap orang, namun menulis surat cinta dapat membantu Anda lebih terbuka untuk mengungkapkan sesuatu.

“Hal yang sebelumnya terkunci di dalam pikiran atau hati lalu bisa diungkapkan [dengan menulis surat cinta],” jelas Lang. Dengan menulis surat cinta, lanjutnya, cepat atau lambat seseorang akan mampu membuka hatinya.

Menulis surat cinta berbeda dengan surat-surat lain. Hal pertama yang musti diingat adalah menulislah tanpa beban pikiran akan respons si penerima.

“Ini bukan masalah bagaimana orang meresponsnya atau saya melakukan ini untuk mengharapkan sesuatu. Justru saya melakukan ini untuk memberikan sesuatu, untuk mengekspresikan rasa cinta saya,” kata Lang.

Selain membuang jauh-jauh ekspektasi, seseorang juga perlu untuk tidak membatasi diri dari apa pun yang terjadi setelah surat terkirim.

Mulai menulis surat cinta

Surat cinta tak terbatas hanya ditujukan untuk pasangan atau kekasih, tapi juga orang tua, saudara, sahabat, dan siapa pun yang Anda sayangi.

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum Anda menulis surat cinta. Beberapa hal itu dijabarkan Lang dalam buku terbarunya How to Write A Love Letter.

“Pertama adalah intensi. Kita bisa menuliskan ‘Dear blablabla, sudah lama aku ingin menuliskan surat ini untukmu’,” kata Lang.

Kedua, Anda bisa mencoba mendeskripsikan memori dari momen paling romantis yang pernah Anda jalani bersama orang terkasih.

Selanjutnya, tulis tiga hal yang Anda sukai darinya. Lang mengingatkan untuk menuliskannya dengan spesifik.

Selain itu, katakan pula padanya bahwa kehadirannya mengubah kehidupan Anda. Orang yang Anda sayangi harus mengetahui potensinya membuat Anda bahagia.

Kelima, ungkapkan padanya bagaimana dia membuat hidup Anda lebih baik.

Agar lebih fokus dan rileks, Lang menyarankan untuk menulis sembari memutar musik favorit. Tak ada salahnya pula mengawali aktivitas itu dengan memejamkan mata dan bermeditasi.(els/asr/cnnindonesia.com)

Related posts

BPOM Provinsi Sidak Pasar Dan Supermarket Dumai

Celahkotanews

Dampak Kabut Asap, 10.991 Warga Dumai Terjangkit ISPA

Celahkotanews

Penuhi Nutrisi dengan Sayur dan Buah “Pelangi”

Celahkotanews

Leave a Comment