oleh

MEMASUKI BULAN AGUSTUS KETERSEDIAAN STOK DARAH DI UNIT PELAYANAN TRANSFUSI DARAH PMI DUMAI MENIPIS

Donor

“(kebutuhan darah dalam satu bulan 450 -500 kantong)”

CELAHKOTANEWS.COM || DUMAI – Unit pelayanan tranfusi darah (pmi) Dumai mengakui memasuki awal bulan agustus ini ketersediaan stok darah di unit pelayanan PMI Kota Dumai mulai menipis, saat ini hanya tersedia 43 kantong darah yang terdiri dari 13 kantong golongan darah A, 10 kantong golongan darah B, 5 kantong golongan darah AB dan 15 kantong golongan darah O yang tersedia di unit pelayanan palang merah indonesia kota Dumai, diperkirakan ke 43 kantong darah tersebut akan habis selama 3 hari .

Darah adalah cairan yang maha penting. Rata-rata orang dewasa mempunyai 5 liter darah dengan 2 fungsi utama sebagai alat transportasi (oksigen, karbondioksida, glukosa, lemak dan asam amino, ion, sampah, hormon) dan sebagai alat pertahanan melawan infeksi dan penyerang lainnya.

Banyaknya masyarakat yang membutuhkan darah, sebelumnya PMI sudah mendapat donor darah dari salah satu sekolah perguruan tinggi swasta di kota Dumai yakni sebanyak 30 kantong darah, nantinya pmi tak hanya bekerja sama dengan perguruan tinggi melainkan organisasi-organisasi lainnya untuk mendonorkan darah, kedepan PMI juga akan menggelar donor datah massal bersama PT.CVI Chevron bangko dan bersama organisasi Pemuda Minang Dumai Riau yang bertempat di jalan sudirman kota Dumai.

Selain itu kebutuhan darah dalam satu bulan di kota Dumai berkisar 450 hingga 500 kantong perbulanya, namun faktanya untuk kota Dumai saja PMI hanya bisa memenuhi permintaan tersebut berkisar 300 kantong darah, selain itu juga PMI Kota Dumai bukan hanya saja menyuplai darah untuk Dumai saja melainkan untuk kabupaten Rokan Hilir, dan Kota Duri jadi dengan masuknya Dumai dan Rohil saja kita butuh lebih kurang 1000 kantong darah setiap bulanya.

PMI Kota Dumai berharap agar masyarakat kota Dumai dapat mendonorkan darah mereka bagi unit transfusi darah PMI kota Dumai, sehingga ketersediaan stok darah di unit pelayanan transfusi darah dapat kembali stabil, dan PMI dapat kembali menyalurkan donor darah bagi masyarakat kota Dumai yang memebutuhkan.

Palang merah indonesia (PMI) adalah salah satu organisasi yang memfokuskan pada bidang donor darah. Banyak relawan yang bekerja disana dengan senyum ramah, menyapa setiap pendonor yang akan di ambil darahnya. Aktivitas donor darah adalah kegiatan positif dan mulia serta bisa menolong sesama, membantu mereka yang membutuhkan darah tanpa pamrih. Donor darah dilakukan secara iklas, apalagi disumbangkan pada salah satu anggota keluarga membutuhkan.

Beberapa manfaat donor darah pun baik bagi kecantikan. Donor darah bermanfaat bagi banyak orang, baik itu penerima maupun pendonor. bagi penerima tentu bisa tertolong nyawanya, terlebih sedang sekarat serta membutuhkan operasi mendadak. pada intinya, menyumbang darah, untuk beramal dan beribadah untuk menambah pahala dunia dan akhirat.(c1/wan)

Penulis: Khairul Iwan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 komentar