Berita Terbaru Sosial dan Budaya

Melihat Keindahan Wisata Pingir laut Kota Dumai

CelahkotaNews.com || Dumai -Kota Dumai sebagai daerah yang telah ditetapkan menjadi daerah kluster oleochemical, Kota Dumai memiliki 4 kawasan industri stategis seperti Kawasan industri Pelintung, Lubuk Gaung, Dock Yard dan Bukit Kapur.

Sebagai pintu gerbang Riau Daratan yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka di pesisir Pantai Timur Pulau Sumatera, Kota Dumai juga memiliki potensi pengembangan pariwisata seperti wisata alam, budaya, belanja, pendidikan, kesehatan, agro dan wisata kuliner.

Karena selain memiliki berbagai potensi stategis, Kota Dumai juga memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi terutama bagi turis-turis manca negara (asing) dan lokal yang datang berkunjung di Kota Dumai.

Seiring dengan perkembangan pariwisata, usaha di bidang makanan-minuman juga berkembang pesat. Pada awalnya makanan hanya menjadi salah satu pelengkap kegiatan wisata. Namun kemudian berkembang menjadi salah satu bentuk wisata khusus yang disebut dengan istilah wisata kuliner mengingat makanan juga diakui sebagai ekspresif identitas dan budaya.

Seperti halnya objek-objek wisata lainnya yang memiliki daya tarik tersendiri, wisata kuliner ini pun memiliki magnet yang kuat yang dapat menarik orang atau wisatawan untuk berkunjung, terlebih di lokasi dengan nuansanya yang menarik dan berbeda dari yang lain.

Kafe Kuliner Nelayan

Sebelumnya banyak beredar di media sosial suatu tempat yang terbilang masih baru untuk dikunjungi yakni “ Kafe Kuliner Nelayan “, terletak di Jalan Nelayan Laut ujung Kelurahan Pangkalan Sesai Kecamatan Dumai Barat. Lokasi ini tidak asing lagi bagi masyarakat Dumai bahkan diluar kota Dumai sendiri, karena lokasi ini cukup terkenal dengan Wisata Alam Mangroove (Bandar Bakau).

Dijembatan permanen yang sudah tidak terpakai lagi kini disulap menjadi Kafe dengan nuansa yang unik diatas air laut. Walaupun tidak sempat berbincang-bincang dengan pengelolanya namun menurut warga setempat kehadiran kafe kuliner ini sangat baik karena dermaga yang tadinya mulai hancur tak terpakai kini dikemas sedemikian rupa hingga menarik perhatian pengunjung.

Salah satu keunikan di lokasi ini adalah selain tetap menampilkan nuansa bahari dengan penerangan lampu berwarna – warni terlebih dimalam hari,pengunjung bisa menikmati sajian makanan dan minuman.

Kedepannya karena saat ini masih dalam tahapan pembenahan begitu juga dengan perizinan, lokasi ini akan menyajikan makanan khas laut (seafood), disamping itu bagi yang hobi memancing laut dilokasi ini juga bisa menjadi referensi karena setiap hari ada para nelayan yang menjala udang yang bisa dijual ke pemancing disekitar dermaga.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata kota Dumai H.Fauzi Efrizal,S.Sos,Msi melalui Umulia Eska Partika selaku Kepala Seksi Promosi Dan Pengembangan Pariwisata kepada monitorriau.com menggunakan sambungan selular menyambut positif keberadan Kafe Kuliner Nelayan ini.

Karena wisata alam yang ada di Kota Dumai ini sangat banyak hanya saja bagaimana cara untuk mengembangkan dan mengelolanya dengan baik. Tentu saja tidak terlepas dari partisipasi dari pemerintah dan masyarakat, karena jika ada unsur sadar wisata dari masyarakat itu sendiri maka akan menunjang perekonomian masyarakat.

“Terkait dengan promosi wisata segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata, baik itu alam, kuliner dan lainnya yang ada di Kota Dumai apalagi pengelolaannya masih perorangan atau kelompok silahkan informasikan ke Pemerintah Kota, kita sangat mendukung terlebih dalam pengembangan Pariwisata Kota Dumai,” pungkasnya. (*) Toy**

Penulis : toy

Foto : Dokumentasi (toy)

Related posts

Formi Dan ILDI Kota Dumai Dilantik Dan DiKukuhkan

Celahkotanews

Tidak Ada Uang,Untuk Kepala Dinas dan Kepala Bagian yang akan Mendapatkan Posisi

Celahkotanews

Stok Blangko E-KTP Disdukcapil Dumai Menipis

Celahkotanews

Leave a Comment