Berita Terbaru Lingkungan

Masyarakat Dumai Diminta Teliti,Bentuk Serupa Waspadai Obat Palsu dan Peredaran PCC

2017-09-18_11-25-20
Gambar hanya ilustrasi /@internet

2017-09-18_11-29-24

CelahkotaNEWScom ||DUMAI-Masyarakat Kota Dumai diingatkan untuk berhati-hati dalam mengksumsi obat-obatan, guna mengantisipasi tragedi yang terjadi di Kendari, Sulawesi Tenggara.Dimana ada sekitar tiga remaja tewas pada bulan ini karena mengkonsumsi  obat keras merek PCC atau Paracetamol-carisoprodol-caffeine.

Untuk mewaspadai peredarannya masyarakat harus jeli dan teliti ketika membeli obat, imbuh Ketua DPRD Dumai Andi Gusri ketika dikonfirmasi.

Menurtnya, besar kemungkinan PCC yang beredar di Kendari kemungkinan diproduksi dan dijual secara ilegal. Tujuannya bisa jadi untuk mendapatkan “euforia effect”, “pleasure effect” atau dalam bahasa orang yang mengkonsumsi bisa nge fly.Tujuan obat tersebut tentu untuk merusak generasi penerus bangsa .

Olehkarena itu dia meminta Pemerintah melalui dinas Kesehatan agar meningkatkan pengawasan dilapangan seperti apotek , toko obat bila perlu survei bersama BPOM untuk sidak apakah pcc tersebut ada dijual diDumai .

Informasinya Efek yang terjadi karena obat bekerja di susunan syaraf pusat yang membuat matinya rasa sakit, membuat rileks dan tidur menjadi nyaman.Bahkan  kalau obat tersebut dikomsumsi secara berlebihan serta dicampur dengan obat lain bisa mempengaruhi susunan saraf pusat dan segala sesuatu yang mempengaruhi saraf pusat akan menimbulkan halusinasi. PCC merupakan barang ilegal sehingga keberadaannya tidak bisa terpantau dan terdeteksi.

Menaggapi itu guna mengantisipasi peredarannya , Kepala Dinas Kesehatan kota Dumai Faisal SKM  menghimbau agar masyarakat memilih obat dengan teliti serta menjadi konsumen cerdas.” Kita juga akan memantau terkait peredaran obat PCC disini  “.

Namun diingat kan sebelum membeli obat, masyarakat harus lebih dulu memperhatikan izin edarmya, membeli di tempat resmi, perhatikan tanda lingkuran pada kemasan obat.

Bahkan dia mengingatkan perlunya mewaspadai peredaran obat palsu. Pemahaman masyarakat dinilai penting karena obat palsu sangat membahayakan kesehatan masyarakat selaku konsumen.

Ia mengatakan, sebagian masyarakat ada yang terjebak membeli obat palsu itu karena harganya relatif murah jika dibandingkan dengan obat yang asli. Namun, masyarakat tidak menyadari bahwa penggunaan obat palsu itu dapat berdampak buruk terhadap kesehatan.(pie)

Penulis : Depie

Editor : Joeyibas

Related posts

Pemprov Riau Dukung Pembangunan Politeknik Kemaritiman di Kota Dumai 

Celahkotanews

Saya di Tendang di 2010,2015 Saya Maju

Celahkotanews

Di Tunjuk Sebagai Tamping,Napi Rutan Dumai Kabur

Celahkotanews

Leave a Comment