Berita Terbaru Ekonomi

Manfaakan Aset ‘Tidur’ Pertamina RU II Dumai Bina Kelompok Tani Lansia Berbasis Pertanian Buah

celahkotaNEWS.com || DUMAI – Pertamina RU II Dumai manfaatkan Lahan seluas 25 hektar (HA) untuk program pemberdayaan masyarakat berbasis serntra pertanian buah-buahan.Hal tersebut ditandai dengan seremonial penanaman perdana di jalan puteri tujuh Kelurahan Tekuk Binjai Kecamatan Dumai Timur, pada Juma’at (14/12/18)Akhir pekan lalu.

Generl Manager (GM) Pertamina RU II Dumai, Otto Gerentaka menjelaskan bahwa sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertanggung jawab untuk memasok kebutuhan energi nasional dalam bentuk minyak dan gas, Pertamina juga menjalankan sejumlah program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat sekitar.

” Program ini merupakan program pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan aset milik Pertamina yang sebelumnya adalah lahan ‘tidur’ atau tidak digunakan. Dengan ditanami tanaman buah-buahan,lahan yang sebelum tidak termanfaat menjadi lebih produktif dan dapat membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pangan lokal serta meningkatkan taraf ekonomi masyarakat khusunya kelaompok tani,” jelas Otto.

Eduwisata

Selain itu, ia berharap nantinya lahan peryanian tersebut bisa semakin berkembang hingga menjadi kebun buah yang juga dimanfaatkan sebagai eduwisata bagi kelompok – kelompok tani lainya di Dumai.

Muslim Dharmawan Unit Manager Communication & CSR RU II, menjelaskan menguraikan bahwa program tersebut dijalankan oleh 24 orang petani lansia yang berasal dari Kelurahan Teluk Binjai dan Tanjung Palas dan terkumpul dalam Kelompok Tani Setia Kawan yang juga terdaftar di Dinas Ketahanan Pangan dan Petanian (KPP) Dumai.

” Kami berkerjasama dengan DKPP Dumai dengan memberikan pendampingan teknis kepada kelompok tani,mulai dari pemilihan tanaman,pelatihan,penanaman,hingga pemeliharaan,” ujar Muslim.

Untuk tahap pertama, tanah yang digarap adalah seluas 3 Ha dengan 6 varian buah-buahan.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai, Hadiyono yang juga menghadiri langsung kegiatan penanaman perdana sentra pertanian buah-buahan ia mengatakan, kegiatan dan pembinaan yang dilakukan Pertamina RU II Dumai merupakan kegiatan dan program sangat positif.

” Kegiatan,dan program dilaksakan Pertamina RU II ini sangat positif dan sangat bermanfaat bagi para kelompok tani,pada hari (red) setidaknya ada ada enam varian (JENIS) buah-buahan seprti Jambu madu,lengkeng,rambutan,mangga,durian dan buah naga,” kata Hadiyono.

Selain bantuan pinjaman pakai lahan,Pertamina juga membantu dalam bibit tanaman dan sarana prasarana pertanian,salah satunya berupa saung pertemuan.(ckn)

Editor : Khairul iwan
Foto : dok.CKN

 

 

Related posts

PN Dumai Gelar Sidang lanjutan Kasus Dugaan Pidana Penggelapan Dalam Jabatan

Celahkotanews

Cerpen: Hai…..

Celahkotanews

Pangdam :Tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya

Celahkotanews

Leave a Comment