Berita Terbaru Lingkungan

Lestarikan Sungai Dumai

logolicious_20170131_124736
Sungai Dumai /Dok.CKN

Celahkotanews.com II Dumai – sungai Dumai merupakan salah satu dari 16 sungai di kota Dumai yang bermuara di selat Rupat. Sungai Dumai memiliki panjang lebih kurang 15 km berhulu di Tasik Bunga Tujuh Bukit Jin dan daerah aliran sungainya membelah kota,terdapat lebih kurang 7,9 km atau seluas 52,66 persen bantaran sungai telah menjadi wilayah hunian dengan beberapa aktifitas penghasil limbah ditambah dengan tekanan alur keluar masuk angkutan manusia dan barang.

Disungai ini tempat terjadi legenda atau sejarah Putri Tujuh yang mengandung unsur buah bakau belukap belukap dari kejadian masa lalu yang menjadi jati diri suatu peristiwa budaya di Dumai selama ini.

Sejauh ini juga pemerintah kota dumai bebebrapa waktu yang lalu juga sudah menyidiakan  satu unit pompon pengangkut sampah agar sugai dumai ini lebbih bersih,sesuai sejauh ini juga semakin hari kondisi sungai dumai semakin sangat memprihatinkan dengan konsi sampah yang bayak beraburan di sungai dumai ini.

Perlunya pengawasan dari pemerintah kota dumai ini agar sungai dumai ini tatap lestari,dan perluya kesadaran bagi para pengusaha kapal-kapal yang berda dalam alur sungai dumai ini agar samaph samapah,tidak di buang ke sungai,hal ini juga perlu kesadarn yang tinggi bagi kita semua lapisan masyrakat untuk senatiasa menjaga lingkungan sungai dumai ini agar ttetap menjadi satu aikon yang positif di kota dumai.

Sungai dumai merupakan salah satu aikon kota dumai yang merupakan urat nadi perekonomian masyrakat keberadaan sungai dumai yang membelah kota ini sangat luar biasa indah  kalu ini sama-sama kita tata dengan baik.yang menjadikan sungai dumai sebagai halaman depan rumah dan tidak membelakangi sungai sebagai tempat pembuangan.

Sekarang sungai dumai  masih ramai dengan aktifitas perekonomian keluar masuk barang dan penumpang dan menjadi tumpuan hidup banyak orang

Perkembangan  kawasan pemukiman  telah menyebabkan fungsi-funsi  sungai dumai menjadi tidak maksimal  dan sungai menjadi  bagian belakang  dari pembanguna pemukiman perkotaan.

Dengan demikian kita perlu membangkitkan kesadaran kolektif  dan kesadaran bersama dari semua pemangku kepentingan  di kota dumai baik pemerintah maupun masyarakat agar kota dumai ini menjadikan sungai sebagai halaman depan dari pada kota kita ini.

Air merupakan sumber utama kehidupan manusia dan makhluk lainya. Komposisinya yang cukup besar, selaras dengan penggunaan dan pemanfaatan air sendiri. Bakhan satu pertiga belahan bumi adalah air. Salah satu jalan atau sarana yang menghubungkan antar saluran untuk berjalan pada suatu muara.

Sungai sangat dibutuhkan untuk melengkapi kekurangan makhluk hidup. Tak ada makhluk yang sanggup hidup tanpa air! Dan tak mungkin air ada jika tak ada salurang untuk menampung untuk itulah fungsi sungai. Sebagai penampung yang mewadahi kebutuhan. Manfaat sungai sangat besar perannya dalam menunjang kehidupan manusia bahkan untuk industri.

Selain sebagai pemenuhan kebutuhan pokok, sungai juga memiliki peranan lain. Di daerah yang memiliki lebih banyak perairan dari pada daratan, menggunakan sunga sebagai sarana transportasi. Salah satu SEPERTI SUNGAI DUMAI INI JUGA DI GUNAKAN SEBAGAI  sarana tempat transportsi laut dari dan menuju kota dumai,namun jugu dengan bayak berabagi aktifitas bongkar muat sembako,namun hal ini dan sampai saat ini sungai dumai kurang di perhatikan tentang kebersihan lingkungan sungai.

Jika dilihat dengan kasat mata banyak masyrakat dumai yang mengantungkan ekonomi kehidupan melalui sungai dumai dengan bergam kegitan yang di lakukan,mulai dari aktifitas bongkar muat,traspottasi laut,dan lain-lain namun sangat di sayangkan kesadaran untuk melestarikan sungai masih sangat minim.(CKN)

Penulis : Khairul iwan

Editor : CKN

Related posts

Walikota Dumai Dengarkan Keluh Kesah Warga Dumai Barat Dan selatan Terkait Air Bersih Dan Jalan

Celahkotanews

Diperkirakan 946,36 Hektar Luas Lahan Pertanian di Kuansing Terendam Banjir

Celahkotanews

Pemprov Riau Mulai Gerah Dengan PT.RAL

Celahkotanews

Leave a Comment