oleh

Lanud Rsn Ikuti Latihan Matra Udara II Koopsud I

-Maritim-5 views

PEKANBARU – Pangkalan TNI – AU Roesmin Nurjadin (Rsn) turut serta dalam Latihan Matra Udara II Jalak Sakti Komando Operasi Udara (Koopsud) I tahun 2024. Saat ini, Latihan Matra II mulai memasuki fase manuver lapangan.

Dua pesawat tempur dimiliki Lanud Rsn Pekanbaru yakni Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 dan F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 16 Wing Udara 6 menuju ke Pangkalan TNI AU, Sabtu (8 /6/24).

Pergeseran Skadron ini didukung pesawat Hercules dan C-295 dari Lanud Halim Perdanakusuma untuk mengangkut personel dan logistik. Puluhan personel yang bertugas terdiri dari Team Advance, Penerbang, Ground Crew, dan Crash Team berangkat menuju Lanud Srimulyono Herlambang, Palembang dan Bandara Raden Inten Lampung.

Sebelum pergeseran Skadron, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Feri Yunaldi SE MHan, melalui Komandan Skadron Udara 12, Letkol Pnb Made Yogi Indra P menyampaikan, agar meyakinkan segala sesuatunya sebelum bergerak termasuk kondisi cuaca di Pangkalan tujuan.

ā€œSiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat. Yakinkan weather baik di SMH maupun RDI. Setelah semua clear baru berangkat,” ucap Dansakdron Udara 12 menyampaikan pesan Danlanud.

Lebih lanjut seluruh peserta latihan juga diingatkan agar seluruh personel yang melaksanakan skadron move agar selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan diatas segalanya.

“Kepada penerbang laksanakan latihan ini dengan sebaik mungkin, dan kepada seluruhnya misi dikatakan berhasil ketika kita semua kembali ke home base, kembali ke Pekanbaru seluruhnya baik personel maupun materiil aman” tegas Dansakdron.

Jalak Sakti merupakan latihan antar satuan Matra Udara II TNI AU yang dilaksanakan Koopsud I. Setelah melaksanakan gladi posko yang ditutup dengan Tactical Floor Game (TFG) pada Kamis (6/6/24) lalu.

Selanjutnya, latihan akan memasuki fase manuver Lapangan untuk menampilkan apa yang telah disimulasikan dalam TFG ke area sebenarnya.