Maritim

KSOP Marunda Iwan Sumantri Puji Pengelolaan Pelabuhan ala KCN

Jakarta – Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Marunda Iwan Sumantri mengatakan pengelolaan pelabuhan Marunda oleh PT Karya Citra Nusantara (KCN) berdampak pada pengurangan dwelling time dan berkontribusi pada Poros Maritim.

Menurutnya, sejak pelabuhan Marunda dikelola PT KCN terjadi pengurangan dwelling time yang cukup signifikan. Hal itu, kata Iwan, karena banyak aktivitas bongkar muat yang sebelumnya dilakukan di Tanjung Priok, kini dialihkan ke Marunda.

Dwelling time merupakan waktu proses sejak bongkar muat barang di pelabuhan ke Tempat Penimbunan Sementara hingga akhirnya keluar dari pelabuhan.

“Banyak aktivitas bongkar muat barang curah yang sebelumnya dilakukan di Tanjung Priok, kini bisa dilayani di Marunda, sehingga secara tidak langsung mengurangi waktu bongkar muat kapal,” kata Iwan dalam keterangannya, Senin (13/5),dikutip dari halaman cnnindonesia.com


Sementara itu, Direktur Utama PT KCN Widodo Setiadi mengungkapkan konsep dasar Pelabuhan KCN memang dibuat untuk mendukung poros maritim, yaitu menunjang pelabuhan utama Tanjung Priok yang diperuntukkan untuk aktivitas bongkar muat kontainer. 

Sejak keberadaan pelabuhan KCN, kapal-kapal pengangkut muatan curah seperti batu bara, komoditas cair, hingga pasir beralih melempar jangkar ke pelabuhan Marunda yang dikelola perseroan itu.

KCN sendiri merupakan perusahaan patungan antara PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero) dan PT Karya Teknik Utama sejak 2005 lalu.

Dia menuturkan salah satu kunci keberhasilan perusahaan adalah pengalaman serta kemampuan dan kemampuan dalam pelayanan. Widodo mengatakan usaha di sektor pelabuhan tidak mudah karena banyak hal yang dipelajari.

Namun, kata dia, perseroan sendiri memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun sehingga percaya diri untuk mengelola pelabuhan tersebut. 

“Dan, satu lagi. Kepercayaan klien adalah yang utama, karena reputasi sangatlah penting dalam bisnis di sektor ini,” kata dia.

Perusahaan itu menyatakan pelabuhan KCN sudah menjadi proyek percontohan skala nasional oleh Kementerian Perhubungan, sebagai proyek percontohan untuk non APBN/APBD terintegrasi. Karena itulah pelabuhan KCN masuk sebagai salah satu proyek strategis nasional. (asa/int)

Sumber cnnindonesia.com

Related posts

SEMPAT VIRAL DI MEDSOS, BEGINI KISAH ELI SI PENJAGA RAMBU SUAR PERBATASAN INDONESIA – AUSTRALIA DI PULAU SELARU MALUKU

Ckn

Teledor, Izin Trayek Mati KMP KAKAP Tidak Berlayar

Celahkotanews

Diterpa Gelombang Tinggi Kapal Angkutan Semen Tenggelam,Tiga Orang Belum Ditemukan

Celahkotanews

Leave a Comment