Berita Terbaru pemerintahan

KSOP Dumai Uji Petik Kapal Angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

celahkotaNEWS.com || DUMAI – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Dumai mengawali persiapan penyelenggaraan angkutan laut Natal dan Tahun Baru 2019 dengan melakukan uji kelaiklautan kapal penumpang di pelabuhan Ferry Pelindo I Dumai Jalan Datuk Laksemana Kecamatan Dumai Timur.

Demikian yang disampaikan oleh Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan, Sanggam Marihot Melalui Kepala Seksi Keselamatan berlayar Yuzirwan.

Yuzirwan Kasi Keselamatan Berlayar, menyampaikan pelaksanaan uji kelaiklautan kapal penumpang tersebut tertuang dalam Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor UM.008/84/3/DJPL-18 tertanggal 5 Oktober 2018 tentang Pemeriksaan Kelaikalutan Kapal Penumpang dalam rangka Angkutan Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019, yang ditujukan kepada seluruh Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama, Kepala Kantor Pelabuhan Batam, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP).

Adapun dalam laporan uji kelaiklautan kapal penumpang yang disampaikan harus berisi nomor registrasi kapal, nama marine inspector penanggungjawab dan tanggal pengujian serta catatan pemeriksaan yang harus ditindaklanjuti.

Selain itu pula untuk menjamin kepastian keselmatan dan keamana KSOP juga melakukan moniitiring secara terus menerus terhadap kapal penumpang.

” Guna menjamin kepastian keselamatan dan keamanan para pengguna jasa transportasi laut, kami melakukan monitoring secara terus menerus terhadap kapal-kapal penumpang sampai dengan batas akhir Posko Angkutan Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019,” ujar Yuzirwan,melalui sambungan telpon Senin,(17/12/18)

Pemeriksaan kelaiklautan kapal menjadi prioritas bagi Kementerian Perhubungan dalam mempersiapkan penyelenggaraan angkutan laut Natal dan Tahun Baru 2019 agar masyarakat dapat menggunakan jasa transportasi laut dengan aman, selamat, tertib dan nyaman.

“Kegiatan yang kami lakukan bertujuan untuk memastikan aspek standar kelaiklautan kapal dan keselamatan pelayarannya terpenuhi. Jadi, uji kelaiklautan ini tidak hanya dilakukan menjelang angkutan laut Natal dan Tahun Baru 2019 saja atau hari-hari besar lainnya tapi dilakukan secara berkala.” tutup Yuzirwan. (ckn)

Editor : Khairul iwan
Foto : Dok.CKN /ilustrasi Ferry Batam Jet 2

 

Related posts

Polisi Selidiki 3 Kg Sabu di Kecelakaan Maut Tunggu Saksi Kunci Sadar

Celahkotanews

Tak Kuat Plt Gubri ‘Nyerah’ dan Buka Gerbang untuk Temui Pendemo

Celahkotanews

Korupsi Retribusi Terminal Barang, Mantan Kadishub Dumai Resmi Ditahan

Celahkotanews

Leave a Comment