Berita Terbaru pemerintahan

KSOP DUMAI : Operator Kapal Wajib Jaga Keselamatan

CelahkotaNEWS.com || DUMAI – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Kota Dumai,Provinsi Riau mengingatkan kewajiban para operator kapal menjaga keselamatan penumpang.

Antisipasi kejadian Kandasnya Kapal feri KM Lestari Maju yang tenggelam di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan,bahwa pelaku pelayaran yakni nahkoda kapal dan ABK berkewajiban untuk menjaga keselamatan penumpang selama berlayar.

Sanggam Marihot KSOP Kelas I Dumai,Malalui Yuzirwan Kasi Keselamatan Pelayaran serta didampingi Tony Sulistio Merine Inspektur menjelaskan

“Sebelum berlayar operator kapal harus mengutamakan unsur keselamatan yakni memiliki kualifikasi yang dipersyaratkan, tidak melebihi jumlah penumpang yang diijinkan, serta barang tidak melebihi kapasitas yang diijinkan,”jelas Yuzirwan Kasi Keselamatan Pelayaran didampingi,Tony Sulistio Merine Inspektur pada Jumat Pagi (05 /07/18)

Selain itu Yusirwan menambahkan senantiasa memperhatikan perubahan keadaan cuaca,memperhatikan stabilitas kapal, berlayar dengan Kecepatan aman,serta menggunakan semua sarana navigasi dan sarana komunikasi secara optimal dalam rangka keselamatan pelayarannya.

“Kita tetap melakukan pengawasan sebelum kapal berlayar agar operator kapal tidak melebihi kapasitas angkut, penumpang juga tidak boleh berlebihan tetapi harus sesuai kapasitas,” Ujarnya

Selain itu tujuan dari Peninjauan Aktifitas Kapal Penyebarangan RORO Dumai – Tanjung Kapal Pulau Rupat Kab.Bengkalis KSOP Dumai menyatakan, pelayaran kapal RORO merupakan penyeberangan yang menyangkut kepentingan banyak orang karena mengangkut kendaraan,harus memperhatikan fasilitas pendukung.

“Kapal roro yang harus diperhatikan adalah tali lasing kapal, jangan sampai terjadi kekendoran tali lasing yang lapuk. Kita tetap melakukan pemeriksaan sebelum kapal akan berangkat,” urai Yusirwan

Prinsipnya petugas juga selalu mengingatkan nahkoda jangan lengah dan takut jika ada oknum tertentu yang memaksakan diri dengan melanggar aturan untuk berangkat melebihi kapasitas.

“Kita akan menunda keberangkatan jika ada yang tidak sesuai ketentuan, sampai dipenuhinya standar keselamatan,”terangnya

Dalam periksaan ini KSOP I Dumai juga mengingatkan kepada nahkoda kapal agar senantiasa mengingatkan para penumpang untuk mengunakan tiket.

“Iya tadi jita juga mendapati ada beberapa penumpang roro yang tiketnya tidak di kantongi sehingga dalam inspeksi ini para penumpang harus mengambil tiketnya yang di tinggakkan di kendaraan,selain itu kita juga mengimbau agar life jacket anak dan orang dewasa di pisahkan serta sebelum pelayaran kru kapal wajib memperagakan cara pemakain life jacket serta intruksi keselamatan lain selama dalam pelayaran.”Tutup Yusirwan (ckn)

Penulis : Khairul iwan
Editor : Joeyibas
Foto : Dok.ckn

 

Related posts

Perwa Bapak Asuh Cabor di Sahkan

Celahkotanews

2016, Diperkirakan 28.417 Ekor Hewan Dikurbankan Saat Idul Adha

Celahkotanews

Kecelakaan Maut, Renggut Ibu Dan Bayi

Celahkotanews

Leave a Comment