Berita Terbaru Lingkungan

Kota Dumai Mutiara Hitam Di Pesisir Pantai Timur Sumatera

2016-09-19_19-36-20
Pelabubuhan Industeri Dumai

CELAHKOTANEWS.COM, DUMAI – Kota Dumai Merupakan Salah Satu Kota yang berada Di Propinsi Riau merupakan pula kota terluas di indonesia.

Kota dumai terletak diantara 101023’-10108’13 bujur timur dan 10 23-23’- 10 24’23’ lintang utara dengan luas wilyahnya 1.727.385 km2.Berbatasan dengan Beberapa Kabupaten tetangga seperti Bengakalis Dan kab Rohil.

Dari letak daerah yang sangat strategis kota Dumai berda di jalur perdagangan lintas Negara yang merupakan incaran bagi kaum capitalis dan tanpa dibuat kajian para pelaku bisnis baik swsata nasional maupun investor asing sangat tertarik berinvestasi di kota dumai,hal ini terbukti dengan banyaknya perusahaan lokal maupun perusahaan asing yang telah memiliki usaha senpanjang garis pesisir laut kota dumai,seperti perusahan pengolahan migas,pengolahan minyak kelapa sawit,Bulking,biodiesel,paking semen dan lain sebagainya.

2016-09-19_12-34-27
Kawasan Industeri Dumai Dilihat pada Malam Hari,Bak Mutiara yang sedang Bersinar

Berdirinya perusahaan perusahan swasta nasional dan asing di Kota dumai yang di tandai dengan berdirinya pelabuhan yang melayani kegitan operasionalnya, Seperti Pelabuhan Umun dan pelabuhan Khusus,seperti di daerah kawasan industry KID pelintung dan Kawasan Industry lubug gaung serta pelabuhan lainya hal ini di tandai kota dumai memliki keungulan di sektor pelabuhan Perdagangan dunia.

Sebagai mana yang kita ketahui Kota dumai Berada ditengah Pulau sumatera,tepatnya dipesisir pantai timur sumatera yang berhadapan langsung dengan Negara Malaysia dan singapura,kota dumai juga berada di pada lintas TOL perdagangan dunia,serta karakteristik laut kota dumai memeliki kedalaman yang dapat disngahi Kapal-kapal besar,dengan luas wilayan pelabuhan dumai 134 km serta luas wilayah tata ruangnya yang terbesar di Indonesia.

Pada dasarnya masyarakat Kota dumai Miniatur Indonesia kerena bermacam tingkat heterogen berbilang suku dan budaya,kota dumai dengan berbagai keungulan yang dimiliki sangat berpotensi dan berpeluang mempersiapkan diri untuk mampu bersaing dalam mengali Potensi dan aset daerah sehingga pada akhirnya siap menjadi sentral kemeitraan Bisnis yang mengasilkan Propit.

Guna untuk mengali Potensi kota dumai sebagai salah satu tujuan pergadangan dunia,serta tujuan investasi hal ini perlu juga di buat kebijakan dan strategi bisnis atas potensi yang di miliki dumai untuk dapat dijadikan peluang yang terbentang luas didepan mata dimana kebijakan dan strategi harus pula mendapat dukungan dari berbagai kalangan Pihak.

Sejauh ini Peran Kota Dumai, Berdasarkan Kebijakan nasional dan daerah Propinsi Riau,hal ini dimaksud agar dalam pembanguan kota dumai dapat mendorong pertumbuhan Nasioanal disamping itu agar ada kesinambungan antara Perencanaan Pusat dan Daerah.

Kegiatan Jasa,pelabuhan,perdagangan serta industry yang menjadikan kota dumai sebagai Kota Lintas Perdagangan Dunia hal ini juga dilihat dari aktivitas pelabuhan Samudra yang merupkan Pintu gerbang Bagian timur Pulau sumatera.

Kota dumai Mempuanyai arti Penting dalam Dunia perdagangan ,Pelabuhan karena hal ini untuk mendukung dumai sebagai kota agroindustri. Sesuai dengan letak kota dumai yang sangat potensial serta sebagi pintu gerbang dari pantai timur sumatera serta sebagai pusat Perdagangan,kota dumai juga harus menciptakan Iklim yang mampu mendukung bagi upaya Menumbuh kembangkan Kota dumai sebagai kota Lintas perdagangan Hal ini juga perlu Sasaran dan Rencana yang harus di capai seperti Mewujudkan kota dumai sebgai kota pelabuhan dan industeri yang terpadu sebagi pusat kegiatan bersekala internasional.

2016-09-19_12-31-57
Satu Di Antara Ratusan Kapal Tanker Yang Berlabuh Di Perairan Dumai

Pengembangan alur laut di kota dumai sangatlah diperlukan Melihat Potensi mutiara hitam di wilyah Barat kota dumai yang sangat berpotensi,hal ini dilihat dari kawasn industry di wilyan kecamatan sungai Sembilan serta jumlan arus lalu lintas serta kapal-kapal yang masuk kewilayan perairan dumai sangatlah bayak hal ini juga untuk bertujuan untuk Perkembangan pelabuhan – pelabuhan di wilayan barat kota dumai,sejauh ini kapal kapal besar masuk melaluyi jalur wilyah timur atau melalui tanjung jati.

Sebagai salah satu kota yang merupakan jalur perdagangan dunai perlunya di mampaatkan wilyah barat,hal ini juga guna mendukung Program Pemerintah RI untuk pengembangan TOL laut.(ckn)

Editor   : Ckn

Penulis : Khairul iwan

Related posts

Investasi Terhambat Wako Dumai Pertanyakan RTRW Ke Presiden

Celahkotanews

Tito Mundur! Akankah Mesin PDIP Manjur???

Celahkotanews

Penting! Dana BOS Sudah Cair, Wali Murid di Riau Diminta Ikut Awasi Penggunaannya

Celahkotanews

Leave a Comment