Berita Terbaru Lingkungan

Kodim 0320 Dumai Goro Di Kampung Wisata

CelahkotaNEWS.com ||

DUMAI- Gotong royong merupakan salah satu ciri khas bangsa Indonesia, kita mengetahui bahwa modernisasi dan globalisasi melahirkan corak kehidupan yang sangat kompleks, hal ini seharusnya jangan sampai membuat bangsa Indonesia kehilangan kepribadiannya sebagai bangsa yang kaya akan unsur budaya.

Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-72 Tahun 2017 TNI melaksankan kegiatan Karya Bakti TNI Gotongroyonng bersama membersihkan kiri kanan badan jalan serta tumpukan sampah yang terbawa air pasang dan limbah masyarakat  sekitar Kampung Wisata di Jalan Cendrawasih RT. 03 Kelurahan Laksamana Kecamatan Dumai Kota Dumai,Jumat (29/9/2017).

Kegiatan ini langsung di hadiri Dandim 0320 Dumai Letkol Kav Rendra Andrian Siagian,serta dihari Walikota Zulkifli AS,Kadis PUPR,amSyahmina dalam kegiatan Karya Bakti teraebut.

Adapun personel yang terlibat Anggota Kodim 0320 Dumai, Lanal Dumai,  Den Arhanud 004, Sub Denpom I/3-1, Minvetcad 1/23, Polres Dumai,  Satpol PP,  Dinas PU & Penataan Ruang,  Dinas Lingkungan Hidup,  Menwa STIA Lancang Kuning,  SMK Perikanan dan Masyarakat berjumlah 200 orang.

Dandim 0320 Dumai Letkol Kav Rendra Andrian Siagian menyampaikan mari kita sama-sama meningkatkan budaya kita yaitu gotong royong. Dimana dulunya disini dianggap kampung yang dinilai negatif,  sekarang kita bersama-sama untuk merubahnya.

“Pemerintah Kota Dumai telah berupaya membangun taman, mari tanaman yang sudah ada ini kita rawat sehingga tanaman yang ada akan menjadi tumbuh subur. Saya mengharapkan kegiatan ini terus kita lakukan bersama-sama TNI,  Polri, Pemko Dumai dan Masyarakat,”Ujar Dandim

Pada kesempatan ini juga Walikota Dumai H Zulkifli AS menghimbau masyarakat untuk menanam bunga di setiap rumah minimal tiga atau empat pot.

“Pemko Dumai telah merubah Kampung Dalam menjadi Kampung Wisata, adanya taman dan hutan mangrove yang ada di sekitar sini merupakan objek wisata baik lokal maupun dari luar daerah, dengan adanya wisata disini akan tumbuh warung-warung masyarakat untuk meningkatkan tarap ekonomi masyarakat,”tutup walikota.

Gotong royong merupakan suatu istilah asli Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan.

Sikap gotong royong yang dilakukan, didalamnya terkandung nilai moral yaitu adanya rasa ikhlas untuk berpartisipasi, kebersamaan dan saling membantu antar sesama karena lebih mengutamakan kepentingan bersama yang akan berdampak meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

Sifat gotong royong pada dasarnya memiliki tujuan yang sama walaupun dipedesaan sifat gotong royong dan kekeluargaan lebih menonjol daripada di perkotaan. Bukan hanya itu saja, bentuk gotong royongnya juga berbeda. Gotong royong bisa dikatakan juga menjadi ajang silaturahmi bagi para warga yang melakukan kegiatan tersebut. Adanya gotong royong membantu mengurangi adanya kesenjangan sosial atar warga itu sendiri.(ckn)

Related posts

Jembatan Sukadamai Tak Kunjung Siap,34 tahun Masyarakat menanti 

Celahkotanews

Tabrakan Maut!!! Sebuah Avanza Seret Remaja Ratusan Meter Hingga Tewas

Celahkotanews

Dumai,Kota Pertama Terapkan Smart City Di Riau 

Celahkotanews

Leave a Comment