Berita Terbaru Lingkungan

Ketua PHRI Dumai : The Zuri Harus Taati Semua Peratuaran Yang Berkaitan Dengan Lingkungan

celahkotaNEWS.com || DUMAI – Untuk menjadikan pariwisata sebagai salah satu tambang emas, maka diperlukan berbagai fasilitas pendukung pariwisata. Salah satu fasilitas penting adalah adanya sarana penginapan seperti hotel yang dapat memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

Kondisi hotel yang bersih, sehat, rapi, dan indah akan meningkatkan kenyamanan bagi para tamu dan dapat meningkatkan jumlah tamunya.

Tumbuhnya berbagai usaha perhotelan terutama di pusat – pusat perkotaan dan kawasan pariwisata akan tentu akan berdapak terhadap lingkungan sperti menghasilkan berbagai limbah, baik padat (sampah) maupun cair. Untuk tetap menjaga kondisi lingkungan agar tetap bersih dan sehat, maka berbagai sampah dan limbah cair tersebut harus dikelola sesuai dengan karakteristiknya.

Pengelolaan sampah dan limbah yang tidak benar akan menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan dan akan menimbulkan kesan kotor, kumuh dan bau busuk yang menyengat. Jika hal ini sudah terjadi, maka adanya berbagai potensi wisata yang telah dibangun tidak akan berguna, sebab tidak akan ada pengunjung yang mau datang ke lokasi seperti ini.

Untuk itulah sudah selayaknya dan menjadi kewajiban,semua pihak yang menghasilkan limbah harus mengolah limbahnya sampai baku mutu yang telah ditetapkan Industri Perhotelan Dalam dunia pariwisata.

Bisnis perhotelan saat ini semakin banyak salah satunya di Kota Dumai Provinsi – Riau kini telah hadir satu lagi,hotel yang tergolong mewah.

Sebagai mana yang kita ketahui. Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial.

Untuk meningkatkan kenyamanan bagi para tamunya, setiap hotel selalu menawarkan berbagai fasilitas tambahan yang dapat diberikan disamping fasilitas-fasilitas standar yang ada pada hotel.

Sebagai mana yang kita ketahui dengan semakin besarnya HOTEL (bintang) tentunya mempunyai standar pengelolahan limbah yang baik,sejauh ini apakan hotel yang bernama The Zuri tersebut sudah memiliki standar pengelolahan limbahnya?

Namum hotel juga menyediakan pemenuhan berbagai kebutuhan hidup sehari-hari seperti makanan, pencucian atau (laundry )dan lain -lain bagi para pengunjungnya, sehingga dalam aktivitasnya hotel juga menghasilkan berbagai limbah cair dan sampah layaknya suatu komplek pemukiman penduduk.

Limbah cair perhotelan adalah limbah dalam bentuk cair yang dihasilkan oleh kegiatan hotel yang tentunya tidak boleh dibuang sebarangan ke lingkungan dan tentunjika ini terjadi diduga dapat menurunkan kualitas lingkungan.

Aktivitas yang ada di hotel relatif sama seperti layaknya pemukiman, maka sumber limbah yang ada juga relatif sama seperti pada pemukiman dan fasilitas tambahan lainnya yang ada di hotel.

Sumber limbah cair perhotelan tersebut diantaranya seperti, limbah dari kamar mandi dan toilet, limbah dari kegiatan di dapur,restaurant, limbah dari kegiatan pencucian (loundry),limbah dari fasilitas kolam renang.

Karakteristik Limbah Perhotelan, Karakteristik limbah cair dari perhotelan relatif sama seperti limbah cair domestik dari pemukiman, karena aktivitas-aktivitas yang ada di hotel relatif sama seperti aktivitas yang ada di lingkungan pemukiman. Sementara jumlah limbah yang dihasilkan dari perhotelan tergantung dari jumlah kamar yang ada dan tingkat huniannya. Disamping itu juga dipengaruhi oleh fasilitas tambahan yang ada di hotel tersebut.

Dengan berdiri megahnya hotel tersebut di tengah kehidupan masyarakat tentunya diharapakan akan membawa dapak positif dan tidak memberikan dampak yang negatif terhadap lingkungan terutama dalam pembuangan air limbah perhotelan tersebut.

Sejauh ini kemanakah aliran pembuangan air limbah The Zuri ?sistim pengelolahan apakah yang di pakai management The Zuri dalam mengelolah limbah? dari hasil limbah yang mereka hasilkan,tentunya hal ini juga perlu di pertanyakan oleh instansi terkait,karena hotel merupakan bisnis komersil yang semata-mata mencari keuntungan,dan diharapkan pula keberadaan hotel tersebut tidak berdampak buruk bagi lingkungan sekitar.

H.Zamani Ketua Perhimpunan Hotel,Restouran Indonesia (PHRI) Kota Dumai saat di konfirmasi melalui sambungan telepon mengatakan The Zuri sebagai salah satu Hotel yang besar Harus mentaati segala peraturan yang ada. Juma’at,(06 /09/19).

” Hotel ini merupakan hotel besar,
tentunya mereka juga harus mentaati segala peraturan yang berkaitan dengan lingkungan,serta perda-perda yang ada dan segala jenis bentuk perizinan harus mereka lengkapi.”jelas Ketua PHRI Dumai

Penulis : Khairul Iwan
Editor : Endi82
Foto : dok.ckn

Related posts

Sembunyi di Rumah Mertua Akhirnya Pelaku Pembunuhan Guru di Inhu Diciduk

Celahkotanews

Kapan Ahok Dinonaktifkan dari Gubernur? Ini Kata Mendagri

Celahkotanews

Sejumlah IRT Di Dumai Resah,Di Duga Beredarnya GAS Oplosan

Celahkotanews

Leave a Comment