Ekonomi

Kemenag Dumai Minta Calon Haji Laporkan Bukti Pelunasan

DUMAI,CELAHKOTANEWS.COM – Kementrian Agama Kota Dumai Riau minta calon jemaah haji segera melaporkan bukti pelunasan ongkos haji di sejumlah bank kerjasama kepada pemerintah.Kasi Penyelenggaraan Haji Kemenag Dumai Zakaria menyebutkan, pelaporan bukti pelunasan ini untuk kepentingan pencatatan dan pendataan pemerintah selama tahapan pembayaran biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tersebut.

“Sejak dibuka 1 Juni lalu jemaah belum menyampaikan bukti pelunasan, padahal ini penting untuk pendataan pemerintah,” katanya kepada pers, Jumat.
Dia menyebutkan, dalam tahapan pelunasan ongkos haji yang dibuka hingga 30 Juni 2015 mendatang ini seharusnya calon jemaah yang sudah melunasi langsung menyampaikan bukti pembayaran.
Meski belum ada laporan bukti pelunasan, tapi diyakini sudah puluhan calon jemaah dari total kuota 2015 sebanyak 267 orang telah menyelesaikan pembayaran ongkos ibadah suci tersebut.
“Kita berharap calon jemaah segera menginformasikan pelunasan ongkos haji ini dengan mengantar langsung ke panitia kementrian agama dumai,” sebutnya.
Dalam pelaksanaan tahapan pelunasan ongkos haji ini Kemenag telah bekerjasama dengan sejumlah bank, yaitu, Bank Mandiri, Mandiri Syariah, BNI, BRI  dan Bank Riau Kepri.Bagi calon jemaah yang sudah mendapatkan nomor porsi namun tidak melunasi ongkos haji maka akan menerima konsekuensi dimasukkan sebagai peserta daftar tunda keberangkatan.
Dia mengutarakan, untuk musim haji 2015 ini calon jemaah tidak lagi dibebankan biaya keberangkatan domestik ke embarkasi Batam Provinsi Kepulauan Riau karena ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah daerah.
Disamping itu, Kemenag dan Dinas Kesehatan setempat juga sudah menjadwalkan pelaksanaan tahapan tes kesehatan calon jemaah pada 7 Juni, nanti dipusatkan di Puskesmas Kecamatan Dumai Kota.
“Para jemaah akan diberi vaksin meningitis untuk kekebalan daya tahan tubuh dan pemeriksaan kesehatan sebelum memulai serangkaian kegiatan ibadah haji,” jelasnya.
Terkait pelunasan ongkos haji ini, Kemenag mengacu pada Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 28 tahun 2015 tentang jadwal pelunasan BPIH bagi calon jamaah yang telah masuk dalam alokasi kuota peserta haji pemerintah.(Ckn)

Related posts

Toyota agung Dumai Di Resmikan Walikota,Pemko Dumai Dapat Bantuan satu Unit Mobil Tanki air Dyna

Celahkotanews

Pengamat Ekonomi: Kenaikan Tarif Administrasi STNK/BPKB Memberatkan Masyarakat

Celahkotanews

Mei-Juni, Lelang Kegiatan Pemprov Riau Hanya Bergerak Rp200 Miliar, Berikut Penjelasannya…

Celahkotanews

Leave a Comment