Berita Terbaru Lingkungan

Kebakaran Terus Meluas, Bengkalis Darurat Karhutla

kebakaran_bengkalis3
Kebakaran Terus Meluas, Bengkalis Darurat Karhutla

CELAHKOTANEWS.COM, BENGKALIS – Kebakaran hutan yang terjadi selama 15 hari terakhir di kawasan eks lahan HPH di Bukit Batu, Bengkalis terus meluas. Bahkan parit penghalau yang dibuat tim penanggulangan bencana sudah diseberangi api karena angin bertiup cukup kencang, ditambah kondisi kering akibat musim kemarau yang melanda sebagian wilayah Riau.

Dari pantauan udara pada Jumat (13/2/2015), terdapat dua titik api yang saling berdekatan di Desa Buruk Bakul, Kecamatan Bukit Batu dan Desa Sumber Jaya, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis. Luas areal yang terbakar diperkirakan mencapai 50 hektar.

Tim gabungan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan pemadam kebakaran, polisi serta Regu Pemadam Kebakaran Sinar Mas Forestry telah mengerahkan segala usaha untuk berusaha mencegah kebakaran semakin meluas.

Selain menggunakan pompa air, operasi pemadaman juga dilakukan menggunakan bom air dari helikopter serta alat berat yang terus bekerja untuk membuat sekat api.

Pemkab Bengkalis telah menaikkan Status Siaga menjadi Siaga Darurat Karhutla. “Pemerintah provinsi sudah meminta data kepada kami terkait kondisi terakhir luas lahan yang terbakar di Bengkalis untuk menentukan langkah penanganan selanjutnya,” ujar Kepala BPBD Bengkalis, Muhammad Jalal. (wdy)

Related posts

Pelaku Jambret Bonyok Dihajar Masa

Celahkotanews

Menjadi guru bukanlah hal yang mudah dan bukan pula menjadi hal yang sulit

Celahkotanews

Dua Pekerja Harian PT SDS Dumai Tewas Ditempat

Celahkotanews

Leave a Comment