oleh

Over Kapasitas Rutan Dumai Perhatikan Kesehatan Warga Binaan

CelahkotaNEWS.com || Dumai – Paska meninggalnya warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Dumai yang terjadi belum lama ini dinilai akibat over kapasitas yang terjadi di Rutan Dumai.

Tercatat hingga saat ini jumlah warga binaan yang terdapat di Rutan Dumai berjumlah 934 orang, dimana kapasitas normal hanya dapat menampung 256 orang. Artinya dengan jumlah yang ada sangat berdampak atas kesehatan narapidana.

“Dengan over kapasitas ini sangat berdampak besar terhadap kesehatan warga binaan di Rutan. Dimana kita harus menampung dengan jumlah yang jauh lebih banyak dari kapasitas yang ada,” ujar Kepala Rutan Kelas IIB Dumai, Edi Mulyono melalu Kepala Pengawasan Rutan, Aldino Oktalaperta,(28/08/2018).

Dijelaskan Aldino, dari 934 warga binaan yang terdapat di Rutan Dumai, tercatat 867 warga binaan pria, 56 warga binaan wanita dan 9 warga binaan anak.

Lanjut Aldino menjelaskan, mengantisipasi hal ini Rutan Dumai terus berupaya memperhatikan kesehatan narapidana dengan melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan kesehatan mereka.

“Kita menerapkan olahraga dan senam setiap hari dan klinik Rutan Dumai juga mempersilahkan seluruh warga binaan untuk mengecek kesehatannya setiap hari,” jelasnya.

Selain itu kata Aldino, kepedulian terhadap kesehatan narapidana, Rutan Dumai juga telah bekerjasama dengan Puskesmas Bumi Ayu dalam melakukan pengecekan kesehatan warga binaan setiap minggunya.

“Namun demikian kita tetap berupaya dalam menjaga kesehatan warga binaan meski dengan over kapasitas yang ada,” tutupnya.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.