Berita Terbaru Maritim

Kabut Asap,Jarak Pandang Pelayaran Terbatas Hanya 1Noutical Mile

celahkotaNEWS.com || DUMAI -Dampak dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau membuat sejumlah aktifitas terganggu,salah satu berdapak pada jarak pandang pelayaran di wilayah perairan Dumai,Rabu (18/09/19).

Minimnya jarak pandang pelayaran ini Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) I Dumai mengeluarkan himbauan keselamatan pelayaran

Kepala KSOP Dumai Sanggam Marihot melalui Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Capt Yuzirwan Nasution,M.mar telah melayangkan surat himbauan kepada perusahaan pelayaran, keagenan kapal, operator kapal,dan nahkoda.

Himbauan ini dikeluarkan tentunya untuk memghadapi kabut asap,saat ini jarak pandang di wilayah perairan Dumai Hanya satu 1 Nautical Mile (NM) atau 1.852 Meter.

Yuzirwan juga mengatakan, perusahan atau operator kapal dalam mengoperasikan kapal untuk lebih menekankan dan mengutamakan keselamatan pelayaran dan senantiasa memantau perubahan cuaca, serta harus memonitor BMKG.

Untuk mengantisipasi hal buruk kita juga meminta pelaku kemaritim untuk tidak memaksakan diri berlayar dalam kondisi jarak pandang yang terbatas ini.Bagi kapal yang berlayar agar segera mencari informasi -informasi yang akurat untuk keselamatan dalam berlayar.

Selain itu, dia juga menghimbau untuk seluruh nahkoda dan perusahaan yang akan memberangkatkan kapal,harus menggunakan dan mengoperasikan semua sarana navigasi, komunikasi secara optimal serta berlayar dalam kecepatan aman.

“Bagi kapal penumpang kecepatan tinggi dalam menggoperasikan kapalnya harus benar-benar diawaki dengan cukup, jumlah penumpang yang diijinkan, serta barang tidak melebihi kapasitas serta memperhatikan stabilitas kapal, dan tetap memantau perubahaan keadaan cuaca,dannjika memang kondisi tidak memungkinkan keberangkatan bisa di tunda”jelasnya.

Tidak hanya itu, nahkoda kapal juga diharapkan mengirimkan posisi dan kondisi kepada stasiun radio pantai secara terus menerus.(ckn)

Penulis : Khairul Iwan
Foto : dok.ckn

Related posts

Ketika Hidup Adalah Pilihan, Maka Tak Ada Alasan untuk Sembarang Silang

Celahkotanews

Realisasi PAD Sektor Pajak Baru 40 Persen

Celahkotanews

Titik Api Semakin Meluas,Pemko Dumai Belum Tentukan Status

Celahkotanews

Leave a Comment